Polda Gelar Donor Darah Cukupi Stok di PMI Lampung

img
Kegiatan donor darah di Mapolda Lampung./iwd

MOMENTUM, Bandarlampung--Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menggelar donor darah guna memenuhi kebutuhan stok di Palang Merah Indonesia (PMI) provinsi setempat.

"Kegiatan ini kita lakukan karena stok darah di PMI sudah habis," ujar Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, Selasa (31-3-2020).

Kapolda mengatakan, kegiatan donor darah diikuti ratusan personel gabungan dari unsur Polri dan TNI.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, selain penyemprotan disinfektan kami juga melakukan kegiatan donor darah," ujarnya.

Dia berharap, kegiatan donor darah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Sementara Kabid Pengelolaan Darah UTD PMI Pembina Provinsi Lampung dr Firman Sahroni mengucapkan terima kasih kepada Polda Lampung atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Kami jujur karena sangat kekurangan darah dari wabah Covid-19. Karena kami butuh per hari itu darah dari 150 sampai 180 kantong sehari. Sampai detik ini kami sudah cancel sampai 30 dan 50 instansi lantaran banyak instansi yang melakukan WFH (work from house)," jelasnya.

Menurut Firmansyah, pihaknya sangat terbantu. Juga semoga kegiatan yang dilakukan Polda Lampung bisa membantu kebutuhan darah dari PMI.

"Kebutuhan darah tidak bisa ditunggu, karena ada beberapa penyakit yang membutuhkan darah secara rutin," kata dia.

Lebih lanjut Firman menegaskan, kegiatan donor darah saat pandemi virus Corona ini tidak akan membahayakan pendonor.

Dengan melakukan donor, kata dia, maka kondisi tubuh pendonor akan lebih baik. Karena, kondisi tubuh pendonor usai donor akan sama dengan seperti telah melakukan olahraga selama satu jam.

"Kemudian untuk aman atau tidaknya bahaya donor darah saat adanya wabah virus corona sekarang, kami sudah mempunyai protokol khusus untuk menangani wabah ini. Kita juga melakukan seleksi untuk para pendonor ini. Untuk covid-19, sampai saat ini belum ada indikasi virus ini bisa menular lewat darah," pungkasnya.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos