Pemkot Metro Siapkan Rp4,4 Miliar untuk Bantuan Bahan Kebutuhan Pokok

img
Sekretaris Daerah Kota Metro Nasir AT

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro meyiapkan dana Rp4,4 miliar untuk bantuan bahan kebutuhan pokok selama masa darurat pencegahan penularan covid-19 di kota setempat.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Metro Nasir AT mengatakan dana tersebut, bantuan sembako itu akan diberikan kepada warga tidak mampu berdasarkan data dinas sosial setempat.

"Persiapan dana Rp4,4 miliar ini ada di dinas sosial. Nantinya akan diberikan kepada tiga ribu kepala keluarga tidak mampu dalam bentuk bantuan bahan kebutuhan pokok," kata  Nasir pada Harianmomentum.com, Rabu (1-4-2020).

Dia menerangkan, berdasarkan data Dinas Sosial Kota Metro jumlah warga tidak mampu mencapai sembilan ribu kepala keluarga.  

"Data warga kurang mampu di Kota Metro ini sekitar 9000 lebih KK. Enam  ribu sudah dapat bantuan dari pemerintah pusat melalui PKH (program keluarga harapan) dan sejenisnya. Sisanya inilah yang akan mendapat bantuan dari dana Rp4,4 miliar itu," terangnya.

Dana tersebut, lanjut dia, sebagian berasal dari alokasoi dana persiapan penanganan covid-2019 sebesar Rp27,23 miliar.

"Sumber dana penanganan covid-2019, berasal dari bantuan pusat seperti DAK, DID, DAU, dan BOK. Pemkot sudah mempersiapkan, tapi belum dialokasikan," jelasnya.

Selain untuk  dinas sosial, dana penanganan covid-2019 itu juga dialokasikan kebeberapa dinas lainya: dinas kesehatan Rp6,8 miliar, Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani Rp15 miliar. Sisanya dialokasikan ke BPBD dan dinas terkait lainnya. 

"Anggaran ini untuk pengadaan APD, sosialisasi, prasarana ruang isolasi dan fasilitas yang dibutuhkan untuk pencegahan Corona. Semoga Kota Metro tetap aman dari penularan virus corona," harapnya. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos