KPU Pesibar Mulai Pelipatan Surat Suara

img
Proses pelipatan surat suara Pilkada Kabupaten Pesisir Barat tahun 2020

MOMENTUM, Krui--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) mulai melakukan tahapan penyortiran dan pelipatan surat suata untuk pilkada 9 Desembar 2020. Kegiatan tersebut berlangsung di gudang KPU setempat. Rabu(25-11-2020).

Ketua KPU Pesibar Marlini mengatakan, total surat suara yang diterima untuk pilkada setempat 111.985 lembar. Jumlah itu sesuai daftar pemilih tetap ditambah 2,5 persen sebagai surat suara cadangan.

"Kita libatkan 25 tenaga pelipat dari masyarakat. Proses penyotiran dan pelipatan surat suara ini diawasi langsung pihak Bawaslu, Kepolisian dan TNI," kata Marlini pada Harianmomentum.com.

Selanjutnya, setelah dilipat, surat suara langsung dipacking dan dimasukkan ke kotak suara sesuai jumlah TPS di kabupaten setempat. 

“Pada tanggal 24 November sudah kita lakukan perakitan kotak suara. Untuk proses packing akan kita lakukan pada 30 November hingga 2 Desember. Selanjutnya kita distribusikan ke PPK (panitia pemilihan kecamatan) pada 5 Desember," terangnya.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.

"Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan tetap kita terapkan dalam proses pelipatan ini. Setiap tenaga pelipat juga harus melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk lokasi pelipatan," ungkapnya. (**)

Laporan: Agung Sutrisno

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos