Bertemu Pangeran Edward Syah Pernong, Agus Istiqlal Komitmen Lestarikan Budaya

img
Bupati Pesibar Agus Istiqlal dan Bupati Lambar Parosil Mabsus berbincang akrab dengan Paduka Yang Mulia Saibatin Puniakan Dalom Beliau Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Skala Bkhak Yang Dipertuan Ke-23

MOMENTUM, Batubrak--Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) berkomitmen terus melakukan berbagai upaya untuk melestarikan seni budaya bangsa, khusnya budaya lokal (Lampung).

Hal tersebut disampaikan Bupati Pesibar Agus Istiqlal saat menghadiri undangan Paduka Yang Mulia (PYM) Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Skala Bkhak Yang Dipertuan Ke-23  (Raja Paksi Buay Pernong Paksi Pak Skala Bkhak).

Bupati Pesibar Agus Istiqlal didampingi sejumlah pejabat pemkab setempat diterima Pangeran Edward Syah Pernong di Gedung Dalo, (istana) Paksi Buay Pernong, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat, Senin (14-12-2020).

Menurut bupati, kehadiranya dalam undangan tersebut adalah salah satu bentuk komitemen pelaksanaan program pelestarian budaya. Terlebih kultur budaya yang berkembang dalam masyarakat Pesibar dengan masyarakat Lampung Barat berasal dari satu sumber yang sama.   

Selain itu juga sebagai bentuk kekerabatan yang sangat dekat antara Bupati Agus Istiqlal dengan Pangeran Edward Syah Pernong.  Bupati Pesibar Agus Istiqlal sudah menjadi bagian dari kerabat Paksi Buay Pernong melalui prosesi adata Angkon Muakhi (angkat saudara).

Keduanya juga dikenal sebagai sahabat sejak kecil mau pun saat sama-sama bertugas di luar Lampung. 

Usai berbincang dengan Pangeran Edwar Sya Pernong di Gedung Dalom, keduanya menghadiri respsi pernikahan putra Raja Jukku yang merupakan salah satu bagian dari struktur adat Kepaksisn Pernong Lampung. Resepsi  pernikahan tersebut digelar dengan prosesi adat Lampung Sai Batin 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dan sejumlah pejabat daerah setempat. (**)

Laporan: Agung Sutrisno

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos