Ujian Akhir SMA di Lampung, Secara Daring dan Luring

img
Sulpakar. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Penilaian akhir tahun dan ujian sekolah(US) untuk SMA Tahun Pelajaran 2020/2021 di Provinsi Lampung dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) atau luring (luar jaringan).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Sulpakar, kebijakan itu ditempuh karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Namun, menurut dia, jika ada sekolah menengah atas (SMA) yang melakukan ujian akhir secara luring, harus memenuhi syarat yang tercantum dalam Surat Edaran Gubernur Lampung Nomor 045.213697/V.0U2020 tanggal 30 November 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran 202012027 di Masa Pandemi Covid-19 pada Satuan Pendidikan di Provinsi Lampung.

Sementara jadwal US dengan tahapan yakni US utama dilaksanakan pada 15-20 Maret 2021, ujian praktik utama pada 22-27 April 2021, ujian sekolah susulan 29 Maret – 1 April 2021, ujian praktek susulan 5-9 April 2021, kata Sulpakar kepada harianmomentum.com, Selasa (16-2-2021).

Penilaian akhir tahun dan US bagi siswa kelas XII, dapat dilaksanakan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap perilaku dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan hasil perlombaan dan sebagainya).

Selanjutnya, bisa dilakukan penilaian dalam bentuk penugasan, dan tes tertulis secara luring atau daring. Selain itu, ada juga bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh sekolah masing-masing. Untuk bentuk jenis soal dan jumlah soal yang digunakan pada tes tertulis diserahkan kepada sekolah masing-masing.

Untuk tes luring, sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19, wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Bagi sekolah yang menggunakan sistem luring jarak jauh luar jaringan, Peserta tes akan mengambil naskah soal dan lembar jawaban di Sekolah serta mengerjakanya di rumah masing-masing. Selanjutnya mengembalikan lembar jawaban ke sekolah pada hari yang sama. (*).

Editor: Nurjanah.



Leave a Comment