KPU Bandarlampung Luncurkan Buku Pilkada Ditengah Pandemi

img
Ketua KPU Bandarlampung menyerahkan laporan pada Ketua KPU RI Ilham Saputra. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 menjadi momen bersejarah. Karena pesta rakyat di tahun itu digelar dalam keadaan gawat darurat, ketika Indonesia sedang dilanda pandemi.

Keadaan serupa juga terjadi di Provinsi Lampung, termasuk Kota Bandarlampung. Penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) di kota setempat tentu sangat merasakan sulitnya berjibaku dalam pandemi.

Keadaan-keadaan tersebut, akan diabadikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung dalam sebuah buku bertajuk Pilkada Ditengah Pandemi.

Perihal peneribitan buku tersebut sudah mendapat izin dari Plt Ketua KPU RI, Ilham Saputra. Bahkan Ilham menyarankan agar semua KPU kabupaten/kota yang menggelar Pilkada 2020 turut membuat buku seperti itu.

“Kami telah meminta sambutan prakata untuk buku Pilkada Ditengah Pandemi karya KPU Kota Bandarlampung,” kata Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triadi saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp yang diterima harianmomentum.com, Selasa (13-4-2021).

Sambutan prakata tersebut diminta dari Plh Ketua KPU RI Ilham saputra saat KPU Kota Bandarlampung menyerahkan laporan tahapan pilkada ke KPU RI, Senin (12-4).

“Buku ini sekarang sedang proses penyuntingan dan persiapan layout serta desain. Tinggal menunggu kata sambutan prakata dari KPU RI. Setelah itu naik cetak,” jelas Dedy.

Buku Pilkada Ditengah Pandemi mengisahkan rangkaian fakta dan peristiwa yang dihadapi selama tahapan Pilkada 2020 di Kota Bandarlampung.

“Pilkada sudah selesai dan semua kegiatan sudah berjalan sesuai regulasi, walau ada dinamika politik dan sengketa hukum. Tapi semua dapat diselesaikan sesuai aturan hukum yang ada. KPU kota menyusun rangkaian fakta-fakta dan peristiwa selama pilkada ke dalam buku Pilkada Ditengah Pandemi,” jelas Dedy.

Baca juga: Sampaikan LPJ ke Pusat, Jajaran KPU di Lampung Tuai Pujian

Sebelumnya, Ketua KPU Lampung Erwan Bustami menuturkan bahwa Plt Ketua KPU RI Ilham Syaputra menyarankn agar pilkada di kabupaten/kota bisa dibuat tulisan dalam bentuk buku.

“Saat ini KPU kota telah menyelesaikan pembuatan Buku Pilkada Ditengah Pandemi. Lampung Timur lagi proses. Diharapkan kedepan semua bisa menerbitkan buku sebagai catatan sejarah dan referensi penyelanggaraan pilkada mendatang,” kata Erwan.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi



Leave a Comment