Pringsewu Dapat Proyek TPST Senilai Rp12,5 Miliar

img
Sosialisasi terbatas membahas rencana teknis pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Kabupaten Pringsewu

MOMENTUM, Pringsewu--Kabupaten Pringsewu kembali memperoleh Program Pembangunan Skala Kawasan, berupa Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). 

Lokasi pelaksanaan program senilai Rp12,5 miliar itu berada di Pekon Podomoro dan Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu.

Terkait rencana pembangunan TPST tersebut, maka terlebih dulu dilakukan sosialisasi secara terbatas. Sosialisasi dengan penerapan protokol kesehatan itu berlangsung di Hotel Urban Pringsewu, Kamis (22-4-2021), Bupati Pringsewu Sujadi saat membuka sosialisasi mengatakan,pembangunan TPST bertujuan meningkatkan kualitas permukiman kumuh perkotaan. 

Proyek itu, berbeda dengan tahun sebelumnya, berupa Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) yang berlokasi di Kelurahan Pringsewu Barat, Pringsewu Utara dan Pringsewu Selatan.

Selain itu, Pemkab Pringsewu juga telah mengeluarkan berbagai regulasi, yang muaranya menjadikan Pringsewu mbebas kawasan kumuh, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Karena itu, saya berharap pihak-pihak terkait dapat memberikan informasi yang benar dan cukup kepada masyarakat," kata bupati.

Direktur PT Bumi Selatan Perkasa Sandra Dewi, meminta doa restu dan dukungan dari semua pihak, agar proses pengerjaan proyek tersebut berjalan lancara sesuai dengan perencanaan. "Kami mohon dukungan semua pihak," kata Sandra Dewi.

Hal senada disampaikan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Lampung Maria Doeni Isa. Dia berharap, bantuan serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu beserta seluruh elemen masyarakat agar pembangunan TPST itu nantinya dapat berjalan lancar. 

"TPST ini sedikit berbeda dari TPS3R, karena lebih kompleks dan lebih banyak mengelola sampah organik. Masalah pengelolaan sampah, jika tidak dikelola dengan baik tentunya akan menimbulkan dampak, diantaranya kesehatan masyarakat. Semoga dengan pembangunan TPST ini dapat mewujudkan Pringsewu nol persen kawasan kumuh," harapnya. (**)

Laporan: Sulistiyo

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos