Matangkan Persiapan PON, Pesenam Lampung Berlatih di Rusia

img
Pesenam artistik Lampung tiba di Rusia untuk menjalani pemusatan latihan, persiapan PON Papua

MOMENTUM, Bandarlampung--Pesenam Artistik Lampung Meyusi Ade Putra, mulai menjalani pemusatan latihan atau training camp di Penza, Prospekt Stroiteley 96, Rusia.

Program training camp di negeri beruang merah itu akan berlangsung selama dua bulan, untuk mematangkan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua, bulan Oktober mendatang.

"Alhamdulillah kami sudah sampai di Rusia, dan sudah melihat lokasi latihannya di Penza. Saat ini, Ade masih melakukan penyesuaian lapangan dan sempat melakukan stretching ringan," kata pelatih senam artistik Lampung Arief.

Ade akan berlatih bersama lima atlet junior tim nasional Rusia. “Di sini kita berlatih bersama lima atlet junior Rusia, ditangani duet pelatih: Pavel dan Alexie," terangnya.

Untuk program latihan sudah dimulai sejak Kamis 15 Juli 2021. Tahap awal memperbaiki teknik di nomor alat palang sejajar dan kuda-kuda pelana.

"Kemaren sudah mulai dilihat  kekurangan teknik di kuda-kuda pelana dan palang sejajar. MInggu depan sudah mulai rangkaian program latihanya untuk memperbaiki kekurangan," ungkapnya.

Secara intensitas latihan kemungkinan akan dinaikkan menjadi dua jam perhari. 

“Biasanya kan kita program 1,5 jam, tapi ini coba digeber biar maksimal. Tapi tergantung kondisi atlet," terangnya. Terlebih, masih dalam situasi pandemi covid-19. Karena itu, selain tetap menerapkan protokol kesehatan, program latihan juga disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.

Terkait makanan, menurut Arief tidak begitu susah. Namun, harus tetap selektif memilih yang benar-benar sesuai kebutuhan gizi dan halal.

“Makanan sih lumayan, lengkap dan bergizi. Beef, chicken, mashed potato dan saladnya juga enak. Cuma, ya itu harus pilih-pilih gak bisa sembarangan," ungkapnya.

Terpisah, Ketua Pengprov Persatuan Senam Indonesia (Persani) Lampung Reihana, program pemusatan latihan di Rusia berjalan optimal dan lancar.

“Mudah-mudahan Ade bisa optimal memperbaiki kekurangan dan meningkatkan teknik dalam program latihan di Rusia, sehingga saat PON di Papua nanti bisa meraih prestasi membanggakan," harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung itu juga mengingatkan, Ade dan pelatih yang mendampingi (Arief) tetap menjaga kesehatan.

"Jaga kesehatan, konsumsi makanan bergizi dan tetap disiplin prokes untuk mencegah covid-19," pintanya. (**)

Laporan: Humas KONI Lampung

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos