Baznas Pesawaran Salurkan Santunan kepada 2.516 Mustahiq

img
Penyerahan santunan secara simbolis dari Baznas Pesawaran kepada perwakilan Mustahiq

MOMENTUM, Gedongtataan--Perayaan Hari Ulang Tahun ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momentum berbagi menumbuhkan semangat solidaritas sebagai wujud eratnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Pesawaran bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat menyalurkan sejumlah bantuan kepada para mustahiq (penerima zakat).

Bantuan senilai Rp737 juta itu secara simbolis diserahkan kepada perwakilan penerima zakat di Rumah Makan D'Junjungan Resto, Desa Sukabanjar, Kecamatan Gedongtataan, Selasa (17-8-2021).

Ketua Baznas Kabupaten Pesawaran Abdul Hamid mengatakan, santunan tersebut diberikan kepada 2.516 orang mustahiq .

"Setelah penyerahan secara simbolis ini akan di lanjutkan secara keseluruhan oleh Tim Baznas kepada para mustahiq di sebelas kecamatan se-Kabupaten Pesawaran. Jadwal pengirimanya akan segera disampaikan ke masing-masing kecamatan," kata Hamid.

Hamid menyebut, pada semester pertama tahun 2021 pihaknya telah menyalurkan dana zakat lebih dari dua miliar rupiah.

"Santunan tersebut meliputi: santunan pendidikan, kesehatan, Kemanusiaan berupa batuan rehab rumah roboh, kebakaran, termasuk sedekah hewan kurban," ungkapnyaa.

Diketahui, pada Rencana Kerja dan Anggran Tahun (RKAT) 2020, BAZNAS Kabupaten Pesawaran menargetkan penghimpunan Zakat Infak dan Sedekah sebesar Rp5 miliar. Dari terget tersebut terealisasi Rp4,9 miliar atau 98 persen.

"Realisasi zakat infak dan sedekah tahun 2020 lalu, sudah kita salurkan kepada 4.128 orang mustahiq. Untuk RKAT Tahun 2021 ini, BAZNAS Kabupaten Pesawaran menargetkan penghimpunan zakat infak dan sedekah sebesar Rp5,5 miliar," jelasnya.

Wakil Ketua I Baznas Provinsi Lampung Iskandar Zulkarnain mengapresiasi capaian kinerja Basnas Kabupaten Pesawaran. 

"BAZNAS Kabupaten Pesawaran adalah yang terbaik di Provinsi Lampung. Dipimpin pak Hamid, pengelolaan adminstrasi Baznas Pesawaran sangat  tertib dan baik. Semoga ini bisa lebih dioptimalkan lagi," harapnya.

Hal senada disampaikan Mukti, Kasi Monitoring dan Evaluasi Lembaga Zakat pada Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, 

"Kementerian Agama memberikan apresiasi kepada Baznas Kabupaten Pesawaran yang menjadi terbaik di Provinsi Lampung dan memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona atas masifnya suport terhadap Baznas, dengan sistem pengawasan zakat teraktif," kata Mukti.

Bupati Dendi Ramadhona menyebut, keberadaan Baznas sangat bermanfaat bagi umat. Sebab itu, semua harus terlibat dan menghimpun dan mengelola potensi zakat infak dan sedekah.  

"Tanpa diberikan penghargaan, kami tetap bekerja maksimal dalam mengelola Baznas sebagai upaya mensejahterakan masyarakat," sebut Dendi.

Laporan: Rifat Arif 

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos