Ganjar Pranowo Apresiasi Kerukunan di Pesawaran

img
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didampingi Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyapa penduduk asli Desa Bagelen.

MOMENTUM, Gedongtataan-- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi kerukunan antar suku bangsa yang ada di Kabupaten Pesawaran.

"Akulturasi budaya di Pesawaran sangat terasa, antara budaya jawa dan penduduk asli Lampung dapat membangun hubungan harmonis," katanya usai meninjau koleksi Museum Transmigrasi Lampung, di Desa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan, Jumat (21-1-2022).

Menurut Ganjar, hal itu juga tercermin dari pertunjukan seni budaya yang menunjukan hubungan baik antar berbagai suku yang ada di bumi berjuluk Andan Jejama.

Menurut Ganjar, Desa Bagelen banyak memiliki kesamaan dengan daerah migrasi suku Jawa yang ada di belahan negara lain, seperti Negara Suriname.

"Ini mengingatkan saya saat berkunjung ke Negara Suriname, penduduknya jawa semua. Ini juga menjadi contoh yang baik bagi seluruh daerah, dimana masyarakat pendatang dan warga asli dapat hidup berdampingan, bahkan bentuk perpaduan budaya itu jika digarap dengan serius bisa melahirkan karya seni yang bagus," ungkapnya.


Diketahui kunjungan Ganjar bersama istri, Siti Atiqoh Supriyanti disambut meriah oleh masyarakat serta jajaran Pejabat Pemkab Pesawaran di Museum Transmigrasi.

Dalam lawatan tersebut, Ganjar menyempatkan diri untuk melihat secara langsung peninggalan masa transmigrasi yang menjadi koleksi museum tersebut. Selain itu Ganjar juga menyapa sejumlah keluarga transmigran yang sebagian besar berasal dari Provinsi Jawa Tengah.

"Sudah divaksin belum? hayo sudah divaksin belum," kata Ganjar saat menyapa sejumlah warga Desa Bagelen.

Sementara, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengapresiasi kunjungan Gubernur Provinsi Jawa Tengah. Dendi menyebut kunjungan itu dalam rangka balasan setelah sebelumnya dia berkunjung ke Jawa Tengah.

"Jika ingin mencontoh kerukunan antar suku bangsa, datang saja ke Pesawaran. Sejak dulu memang menjadi potret kerukunan antar budaya, jadi wajar jika sampai saat ini tidak pernah ada konflik dan semua hidup rukun," sebut Dendi.(**)

Baca Juga: Tiba di Pesawaran, Ganjar Pranowo Disambut Meriah






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos