Penerimaan Mahasiswa, Itera Siapkan Tiga Jalur Mandiri

img
Gerbang masuk Institut Teknologi Sumatera (Itera).

MOMENTUM, Bandarlampung--Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyiapkan tiga jalur mandiri untuk berkuliah di kampus setempat. Jalur masuk itu disiapkan peserta yang tidak lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Peserta dapat memilih tiga jalur mandiri yang disediakan Itera, yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat, Ujian Seleksi Mandiri (USM)-Prestasi Khusus dan Seleksi Khusus Program Studi (Prodi) Baru.

Humas Itera, Rudiyansyah mengungkapkan pendaftaran SMMPTN Barat sudah dibuka sejak 1 April hingga 27 Juni 2022 lalu dan ujian tulis serta ujian keterampilan akan dilaksanakan pada 30 Juni-14 Juli 2022. 

"Untuk jalur SMMPTN Barat ini hanya dikhususkan untuk Prodi Arsitektur dan Desain Komunikasi Visual," kata Rudiyansyah, Senin (27-6-2022).

Dia mengatakan jika mahasiswa baru yang masuk melalui jalur SMMPTN Barat akan dikenakan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berkisar Rp9,5juta.

"Mahasiswa juga akan dikenakan uang pangkal atau Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp20juta dan bisa dibayarkan langsung atau dicicil dalam kurun waktu dua semester," ucapnya.

Kemudian, untuk Jalur USM Prestasi Khusus pendaftarannya akan dibuka tanggal 11 hingga 19 Juli 2022 dan dilakukan wawancara serta tes kemampuan pada tanggal 22 dan 23 Juli 2022.

Dia menjelaskan prestasi yang dapat diikutsertakan melalui Jalur USM Prestasi Khusus yakni prestasi di bidang akademik tingkat provinsi maupun nasional.

"Prestasi di bidang olahraga dan kerohanian seperti menghafal Al Quran atau hafal 5 juz juga dapat mengikuti jalur USM Prestasi Khusus," ujarnya.

Dia mengatakan Penerimaan Seleksi Khusus Prodi Baru pendaftarannya dibuka pada tanggal 11 hingga 20 Juli 2022 dan tes masuknya dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Juli 2022.

"Pada jalur Penerimaan Seleksi Khusus Prodi Baru hanya ada empat prodi yang tersedia, yaitu Prodi S1 Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu, S1 Rekayasa Minyak dan Gas, S1 Rekayasa Instrumentasi dan Automasi, serta Prodi S1 Rekayasa Kosmetik," katanya.

Dia mengungkapkan mahasiswa yang melalui jalur penerimaan mandiri pada Prodi Baru dan Prestasi Khusus UKTnya akan dikenakan sesuai kemampuan orang tuanya.

"Nantinya akan ada wawancara dan verifikasi berkas untuk menentukan besaran UKT yang harus dibayarkan bagi mahasiswa yang masuk lewat kedua jalur tersebut," ujarnya.

Itera menyiapkan kuota sebanyak 10persen dari total penerimaan mahasiswa untuk tiga jalur mandiri yang disediakan. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos