Pertama di Lampung, Pesawaran Gelar Festival Koi

img
Festival Ikan Koi pertama di Lampung digelar di Kabupaten Pesawaran

MOMENTUM, Gedongtataan--Ratusan penghobi Ikan Koi dari berbagai daerah berkumpul di Kabupaten Pesawaran untuk mengikuti Festival Koi 2022. 

Festival memperebutkan Piala Bupati Pesawaran itu berlangsung di di gedung serba guna kantor pemkab setempat.   

"Saya atas nama pribadi dan Pemkab Pesawaran sangat mendukung terselenggaranya festival ini. Terlebih Festival Koi yang pertama kali di gelar di Provinsi Lampung," kata Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat membuka festival tersebut, Sabtu (30-7-2022).

Bupati berharap, festival tersebut bisa semakin mendorong minat masyarakat untuk membudidayakan ikan hias jenis Koi yang punya nilai ekonomi cukup tinggi.

"Dari sisi ekonomi, usaha budidaya ikan koi ini tentu sangat menjanjikan. Terlebih, secara geografis kondisi alam Kabupaten Pesawaran sangat bagus untuk budidaya ikan hias. Semoga festival ini, bisa semakin mendorong minat masyarakat melakukan usaha budidaya ikan hias untuk mendongkrak perekonomian," harapnya.

Meski masih dalam sekala yang terbatas, masyarakat Kabupaten Pesaran telah mengembangkan jenis Koi lokal dengan nama Jadong atau Japan Kedondong atau jenis hasil persilangan koi impor asal Jepang dan koi lokal.

Berdasarkan data panitia, festival tersebut diikuti tiga ratus peserta yang menampilkan beragam jenis ikan koi dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta. Jenis ikan koi yang ditampilkan, antara lain: Gosanke, Kohaku serta Utsurimono.

"Festival Koin ini yang pertama di Provinsi Lampung. Pesertanya dari berbagai daerah: Sumatera Selatan, Jawa Barat hingga Bali," kata Tommi Fernando ketua panitia pelaksana festival tersebut. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos