Truk Boks Ekspedisi Terbakar di Jalan Tol Sumatera

img
Truk boks ekspedisi terbakar di Jalan Tol Trans Sumatera di Merbaumataram, Lampung Selatan.

MOMENTUM, Bandarlampung-- Sebuah truk boks ekspedisi terbakar di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) KM60A ruas Bakauheni-Terbanggibesar (Bakter) di Kecamatan Merbaumataram, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (15-8-2022).
 sedsekira pukul 12.30 WIB.

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Lampung AKBP Sugeng Suherman mengatakan, penyebab peristiwa kebakaran truk nopol L 9478 VD tersebut diduga akibat korsleting arus listrik.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, sopir berhasil selamat. Dugaan korsleting listrik kendaraaan, tapi penyebab pasti masih diselidiki," ujar Sugeng.

Sugeng menuturkan, truk yang dikemudikan Debi Sandra (44), warga Jalan Pramuka, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandarlampung itu melintas dari arah Bakauheni menuju Terbanggibesar.

Sampai di lokasi kejadian, kata Sugeng, pengemudi tiba-tiba memberhentikan truk di bahu jalan, karena kaget melihat banyak asap keluar dari boks kendaraan dan terdapat api. Alhasil, terjadi kebakaran dalam boks muatan kendaraan.

"Kerugian material berupa kerusakan pada muatan kendaraan berupa paket, kerugian belum bisa ditaksir dan masih dalam penghitungan petugas di lapangan," ucap Sugeng.

Sugeng menambahkan, pihak kepolisian telah melakukan serangkaian upaya dengan mendatangi dan mengolah tempat kejadian perkara (TKP), memadamkan api pada kendaraaan, hingga menjaga situasi arus lalu lintas di TKP tepat lancar.

Selain itu, polisi juga turut melibatkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Lampung Selatan hingga melaporkan kejadian kebakaran kepada Unit Laka lantas Polres Lampung Selatan.

"Mobil sudah kami derek ke Unit Laka Polres Lampung Selatan, sopir juga sudah kami data dan mintai keterangan," kata Kasat PJR.

Branch Manager Ruas Tol Bakter PT Hutama Karya, Hanung Hanindito membenarkan peristiwa kebakaran kendaraaan itu. Menurut Hanung, truk muatan tersebut terbakar sendiri dan sopir seketika langsung menepikan truk ke bahu jalan tol.

"Iya terbakar sendiri, posisi akhir di bahu jalan. Jadi tidak ada ganggu lalin (lalu lintas)," ucapnya.

Sementara Kabid Pemadam Dinas Damkar dan Penyelamatan Lampung Selatan, Rully Fikriansyah menyebut proses pemadaman dan pendinginan api kurang dari satu jam.

"Kami meluncurkan tiga unit mobil Damkar. Kerugian dan penyebabnya pun belum bisa dipastikan, masih pemeriksaan polisi," katanya. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment