Bersih Desa, Pekon Bulokerto Gelar Wayang Kulit

img
Pagelaran wayang kulit menjadi salah satu rangkaian prosesi Bersih Desa yang diselenggarakan masyarakat Pekon Bulokerto, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsew

MOMENTUM, Gadingrejo--Pagelaran wayang kulit menjadi salah satu rangkaian acara tradisi bersih desa yang diselenggarakan masyarakat Pekon/Desa Bulokerto, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Sabtu (20-8-2022) malam.

Pagelaran wayang kulit dengan Dalang Wahyu Ki Kacuk Susilo itu mengetengahkan lakon Senopati Topeng Wojo.

Kepala Pekon Bulokerto Nurdin mengatakan, kegiatan bersih desa itu bertujuan mempererat persatuan dan kesatuan warga. Sekaligus bentuk ungkapan rasa syukur terhadap anugerah Yang Maha Kuasa atas limpahan berkah kepada masyarakat.

"Wayang Kulit ini sengaja kita gelar, untuk melestarikan seni budaya warisan lelulur. Sekaligus sarana pendidikan bagi masyarakat karena di dalam lakon atau cerita wayang banyak mengandung makna-makna positif dalam kehidupan sosial bermasyarakat," kata Nurdin.

Dia berharap,  rangkaian prosesi bersih desa itu dapat semakin memperkuat persatuan dan kesatuan warga. Termasuk meningkatkan kesadaran dalam berperan aktif mendukung pelaksanaan program pembangunan.

Camat Gadingrejo Joko Hermanto mengapresiasi terselenggaranya prosesi bersih desa tersebut. "Ini menjadi ajang silaturahmi memperkuat persatuan warga, sekaligus melestarikan seni budaya warisan leluhur," kata Joko Hermanto.

Dia juga mengingatkan warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah kemungkinan terjadinya penularan covid-19.

"Meski sekarang sudah tidak berstatus pandemi lagi, namun penularan covid-19 masih terjadi. Karena itu, kita semua harus tetap menerapkan protokol kesehatan," imbaunya. (**)


Editor: Munizar


Leave a Comment