Kunjungi Balai Wartawan, Bawaslu Gandeng PWI Awasi Pemilu

img
Kunjungan Bawaslu Lampung ke Balai Wartawan Hi Solfian Akhmad

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung berkunjung ke Balai Wartawan Hi Solfian Akhmad Bandarlampung, Rabu (28-9-2022).

Dalam kunjungan itu, Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar mengajak Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berkolaborasi dalam mengawasi Pemilihan Umum (Pemilu).

Terlebih, menurut Iskardo, memperkuat kerjasama dengan stakeholder merupaka salah satu arah kebijakan Bawaslu Lampung.

"Kami berharap ada kolaborasi yang baik antara Bawaslu dan media dalam mengawasi Pemilu 2024," kata Iskardo.

Selain itu, dia menilai, pers menjadi salah satu pilar demokrasi di Indonesia. Sehingga dibutuhkan kritik, saran dan masukan dari pers untuk Bawaslu.

"Jika tidak dikritisi kami bisa menjadi lembaga yang semena-mena. Untuk itu, kritik, saran dan masukkan sangat kami butuhkan," jelasnya.

Dia mengatakan, Bawaslu juga berkomitmen untuk transparan dalam setiap kebijakan dan langkah yang akan dilakukan.

Sementara, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah sangat menyambut baik kolaborasi dengan Bawaslu dalam menyongsong Pemilu 2024.

Wira menjelaskan, PWI Lampung memiliki bidang Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu). "Mapilu siap diajak Bawaslu untuk melakukan pengawasan di lapangan," ujarnya.

Dia menjelaskan, PWI Lampung memiliki sekitar 1.100 anggota. Dari jumlah itu, 600 orang sudah menjadi anggota biasa atau telah dinyatakan kompeten.

"Sehingga saya pikir harus ada kolaborasi antara PWI dan Bawaslu dalam melakukan pemantauan pengawasan pemilu sesuai dengan ketentuan," tuturnya.

Senada, Sekretaris PWI Andi S Panjaitan berharap, Bawaslu Lampung menggandeng Mappilu dalam melakukan pengawasan.

"Saya berharap Mappilu bisa dilibatkan dalam pelaksanaan pemilu. Terutama memantau adanya pelanggaran dan kecurangan," terangnya.

Diketahui, kunjungan itu dihadiri Koordinator Divisi (Kordiv) Penyelesaian Sengketa Bawaslu Lampung Hermansyah, Kordiv SDM Organisasi Imam Bukhori, Kordiv Pencegahan Karno, Kordiv Hukim Suheri serta Kordiv Data dan Informasi Teguh.

Kemudian, Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Organisasi Eka Setiawan, Wakabid Media Siber Amirudin Sormin, Wakabid Kesejahteraan Elkana, Wakil Sekretaris Ariyadi Ahmad. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos