Peringati Hari Batik, P3BL Gelar Batik Jejama

img
Salah satu peserta lomba busana dalam kegiatan Batik Jejama.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Perkumpulan Perajin dan Pengusaha Batik Lampung (P3BL) menggelar berbagai lomba untuk anak-anak hingga remaja.

Kegiatan yang bertajuk "Batik Jejama" itu dilaksanakan di halaman TK Sari Teladan pada Jumat, (14-10-2022) dan diikutti puluhan peserta dari berbagai kalangan.

Ketua Panitia, Anggraini Kumala Sari mengungkapkan tujuan diselenggarakannya kegiatan "Batik Jejama" yang dimeriahkan dengan mengadakan lomba-lomba untuk diikutti oleh anak-anak sekolah dasar sampai dengan remaja usia 20 tahun.

"Tujuan yang lebih spesifiknya yaitu agar Batik Lampung lebih dikenal sehingga masyarakat lebih mudah mengidentifikasi dan bangga menggunakannya," kata Anggraini pada Jumat, (14-10-2022).


Dia mengatakan, kegiatan ini merupakan yang ke empat kalinya dilaksanakan oleh P3BL untuk mempromosikan kain etnik khas Lampung.

"P3BL berkomitmen untuk mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung sehingga organisasi ini dapat menjadi wadah bagi pelaku batik di Lampung untuk lebih mandiri dan bisa mempromosikan kain etnik khas Lampung baik regional, nasional maupun internasional," ujarnya.

Dia juga mengatakan, P3BL juga berfungsi sebagai organisasi untuk bertukar pikiran, saling mengasah, mengasih dan mengasuh antara satu sama lain.

"P3BL juga mencari bakat yang potensial dalam melestarikan kain batik yang sudah diakui oleh pasar internasional sehingga membawa inovasi dalam industri," ucapnya.

Dia berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Batik Lampung bisa lebih dicintai oleh masyarakat.

Kegiatan Batik Jejama yang diselenggarakan oleh P3BL ini diikutti 53 peserta dengan berbagai cabang lomba, diantaranya sepuluh peserta untuk lomba mewarnai batik dan 17peserta untuk lomba membatik.

Kemudian, untuk lomba busana dibagi menjadi tiga kategori dan diikuti oleh sembilan peserta untuk kategori anak-anak, lalu tujuh peserta di kategori remaja dan sepuluh peserta dalam kategori dewasa. 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos