Sejumlah Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

img
Tim gabungan bergotong royong membantu membersihkan dagang dan ranting pohon yang menimpa rumah warga akibat puting beliung di Kecamatan Ambarawa.

MOMENTUM, Pringsewu -- Angin puting beliung diserai hujan deras melanda wilayah Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu. Puluhan rumah  rusak berat dan ringan.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat 16 Desember 2022 sekitar pukul 15.00 Wib. Angin puting beliung melanda dua dusun di Pekon Kresnomulyo Kecamatan Ambarawa.

"Akibat musibah itu setidaknya 23 rumah warga rusak ringan hingga berat," jelas Kapolsek Pringsewu Kota Kompol Ansori Samsul Bahri.

Dia menyebutkan, dari 23 rumah yang rusak itu, 15 rumah berada di wilayah RT 02 RW 05 Dusun Sukawati sedangkan delapan  rumah lain berada di RT 01 RW 01 Dusun Karanganyar.

"Kerugian dari kerusakan tersebut paling sedikit sekitar Rp1 juta sementara yang rusak berat mencapai Rp 20 juta,"ungkapnya.

Kapolsek menuturkan, rumah yang mengalami  rusak berat ada empat, yakni milik Juru Miyah (42), jahroni (50), Redi (40) yang berada di RT 02 RW 05 Dusun Sukawati dan 1 rumah lagi milik Eko Wahyono (32) yang berada di RT 01 RW 01 dusun Karanganyar

"Meskipun banyak rumah warga yang porak poranda namun beruntung dalam peristiwa ini tidak sampai ada korba jiwa,"ujarnya.

Atas musibah itu, kata Kapolsek bersama BPBD, TNI dan instansi terkait sudah terjun ke lokasi bencana untuk membantu masyarakat. "Tim penanggulangan sudah diterjunkan ke lokasi membantu warga terdampak bencana,"terangnya.

Pada Sabtu (17/12/2022) tim terus melakukan kerja bakti membantu korban bencana alam angin puting beliung yang menerjang dua dusun di Pekon Kresnomulyo, Ambarawam

Sementara Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi melalui Kabag Ops Kompol Kisron menuturkan, untuk membantu korban bencana alam tersebut Polres Pringsewu menerjukan personel baik dari Polres serta Polsek jajaran untuk membantu membersihkan puing-puing rumah yang rusak akibat tersapu angin dan tertimpa pohon tumbang.

"Kemarin usai kejadian tersebut kita sudah terjunkan personel tanggap bencana untuk membantu para korban dan pagi ini kami bersama jajaran TNI dan BPBD kembali melanjutkan kerja bakti membersihkan puing rumah yang rusak," ungkap Kabag Ops pada Sabtu (17/12/22).

Menurutnya, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah dalam rangka meringankan penderitaan warga masyarakat yang terdampak bencana alam angin puting beliung.

"Serta untuk mempererat tali silaturahmi dengan warga masyarakat maupun instansi terkait lainnya," terangnya.

Selain melakukan kerja bakti, kata Kabag Ops, Satgas penanggulangan bencana juga menyalurkan bantuan kebutuhan pokok kepada korban bencana seperti bahan makanan, minuman dan peralatan memasak.

"Semoga bantuan tersebut bermanfaat bagi para korban yang terdampak bencana angin puting beliung,"ucapnya.

Lebih lanjut, Kompol Kisron mengimbau dan memberikan pesan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam yang datangnya tidak terduga.

"Ya kita imbau untuk terus waspada. Mengingat cuaca yang tidak menentu," katanya. (*)a?






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos