Evaluasi Hasil Poprov, Ketum KONI Pesawaran: Peran KOK Harus Lebih Dioptimalkan

img
Pengurus KONI Pesawaran rapat evaluasi hasil Porpov IX Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung --Penjaringan dan pembinaan atlet terus menjadi fokus program kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pesawaran.

Fokus program tersebut disampaikan  Ketua Umum KONI Pesawaran Sonny Zainhard Utama saat rapat evaluasi dan panitia pembubaran kontingen Porpov IX kabupaten setempat. Kegiatan berlangsung di Hotel G Syariah Bandarlampung, Sabtu (31-12-2022).

Menurut Sonny, peran Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) harus lebih dioptimalkan untuk mengefektikan proses penjaringan dan pembinaan atlet. 

"Kita punya KOK yang tersebar di sebelas kecamatan. Nah, ke depan harus lebih kita optimalkan lagi untuk meningkatkan pembinaan serta rekrutmen atlet sejak dini," kata Sonny.

Dia juga menyebut telah melakukan pemetaan potensi atlet serta cabang olahraga, pasca pelaksanaan Porprov IX Lampung pada awal Desember 2022 lalu.

"Kita sudah petakan potensi atlet, mulai dari cabor andalan yang meraih juara umum: sambo, biliard serta bulutangkis. Kemudian, ada cabor prioritas serta cabor potensial. Masing-masing klasifikasi itu akan menentukan pola pembinaan yang akan kita lakukan," terangnya.

Sonny juga mengapresiasi kinerja panitia teknis, pengurus cabor, atlet yang berhasil membawa kontingen Kabupaten Pesawaran ke peringkat tiga Porprov IX Lampung.

“Alhamdulillah Porprov Lampung sudah selesai dan Pesawaran berhasil meraih peringkat ketiga dengan 96 medali emas, 78 perak serta 119 perunggu. Ini semua tentu berkat kerja keras dan kekompakan seluruh kontingen serta dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesawaran,” ungkapnya.

Sekretaris Umum KONI Pesawaran Toto Sumedi menyebut pelaksanaan Porprov IX Lampung memberikan banyak pelajaran untuk lebih mengefektifkan program pembinaan atlet dalam mencapai prestasi olahraga di kabupaten berslogan Bumi Andan Jejama itu.

“Tiga hal yang kami tekankan kepada pengurus KONI Pesawaran, pengurus cabor serta instansi terkait, yakni membangun etos kerja organisasi hingga sukses di Porprov Lampung,” 

Menurut Toto, kesuksesan meliputi: sukses prestasi, sukses dalam mengawal pelaksanaan dan sukses secara administrasi. (**)


Editor: Munizar


Leave a Comment