Coklit Data Calon Pemilih di Waykanan Capai 85,9 Persen

img
Pelaksanaan tahapan ceklit data calon pemilih pemilu tahun 2024 di Kabupaten Wayhakan

MOMENTUM, Blambanganumpu--Hingga Senin 27 Februari 2023, pukul 9.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Waykanan telah melaksanakan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data calon pemilih sebanyak 343.296 orang. Jumlah tersebut mencapai 85,9 persen dari keseluruhan data calon pemilih pemilu tahun 2024 di kabupaten setempat.

"Kami terus memonitoring can evaluasi tahapan coklit yang dilaksanakan Pantarlih (Petugas Pendaftaran Pemilih) terhadap masyarkata calon pemilih," kata Ketua KPU Kabupaten Waykanan Refki Dharmawan.

Refki mengimbua masyarakat proaktif menyampaikan data yang valid kepada Pantarlih yang datang ke rumah-rumah,  agar proses pelksanan coklit berjalan lancar dan efektif.

"Kalau ada perubahan, seperti penambahan atau pengurangan data calon pemilih, masyarakat hendaknya melapor kepada pihak terkait. Sehingga tahapan coklit ini benar-benar berjalan efektif karena ini sangat menentukan suksesnya pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang," terangnya.  

Terkait data calon pemilih yang tercatat pada TPS berbeda, masyarakat tidak perlu khawatir. "Kalau data tercatat di TPS yang tidak sesuai domisli, nggak usah khawatir. Nanti akan diperbaki oleh Pantarlih dengan memberikan kode sesuai TPS domisilinya," jelasnya.

Setelah tahapan Coklit, selanjutkan KPU akan melaskankan tahapan pemutakhiran datam mulai 8 Maret sampai 5 April. Kemudian  penyusunan DPT pada 19 sampai 22 Juni, rekapitulasi dan pengumuman DPT tanggal 18 Juni 2023 sampai 14 Februari 2024. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos