Kain Sulam Khas Tulangbawang Tampil di Pameran Internasional

img
Stand Dekranasda Kabupaten Tulangbawang di pameran internasional bertajuk Inacraft 2023

MOMENTUM, Jakarta--Pemkab Tulangbawang seruis mengembangkan produk kerajinan lokal sebagai salah satu penompang perekonian masyarakat. Keseriusan itu dibuktikan dengan keikutsertaan dalam Pameran Internasional Produk Kerjaninan Tangan se-Asia Tenggara.  Even yang berlangsung di Jakarta Convention Center itu dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mewakili Presiden Joko Widodo, Rabu (1-3-2023). 

Dalam even bertajuk Inacraft 2023 itu, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tulangbawang menampilkan produk kerajian kain sulam maduaro.  Ketua Dekranasda Tulangbawang Herlinawati Qudrotul mengatakan, sengaja menampilak Kain Sulam Maduaro dalam even Inacraft 2023, sebagai bentuk upaya pelestarian seni budaya lokal.

"Kain maduaro ini memang khas Tulangbawang. Karena itu sengaja kita tampilkan di even ini agar lebih dikenal oleh masyarakat internasional, untuk mengembangkan pemasaranya," kata Herlinawati.   

Menurut dia, selain punya motif yang khas, kain maduaro juga bisa dijadikan bahan kebaya, selenang bakan untuk peci atau kopiah. "Kalau soal motif dan warna jangan khwatir, bermacam-macam dan kekhasan tersendiri," ungkapnya. 

Dia berharap, melalui pameran tersebut, kain sulam maduaro akan semakin luas dikenal masyarakat.  "Mudah-mudahan melalui pameran ini, kain maudaro semakin dikenal luas. Sehingga dapat terus lestari sebagai bagian dari tradisi, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat Tulangbawang," harapanya. (**) 






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos