Pesibar Siap Jadi Tuan Rumah Bulan Bakti Karang Taruna tingkat Provinsi Lampung

img
Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona memberikan arahan pada rakor persiapan BBKT di Kabupaten Pesisir Barat

MOMENTUM, Krui--Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pesisir Barat siap meyukseskan kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) Provinsi Lampung tahun 2023 yang akan dipusatkan di kabupaten setempat pada bulan September mendatang.

"Seluruh jajaran pengurus Karang Taruna mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, dan pekon berkomitmen menyukseskan helatan BBKT Provinsi Lampung pada September mendatang," kat Ketua Karang Taruna Pesibar Suryadi dalan rapat koordinasi (Rakor) persiapan BBKT tersebut, Sabtu (11-3-2023).

Rakor yang berlangsung di Lamban Apung, Pantai Labuhanjukung, Kecamatan Pesisir Tengah itu dihadiri: Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona, Wakil Bupati Pesibar A Zulqoini Syarif, Ketua DPRD setempat  Agus Cik dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Kabupaten Pesibar Septi Istiqlal.

Pada kesempatan itu, Suryadi memaparkan rangkaian program kegiatan rutin Karang Taruna setempat di tahun 2023. 

"Bulan Mei mendatang kita akan melaksanakan lombba burung perkicau. Kemudian  lomba film pendek pada bulan Juli. Pemenang lomba film pendek ini akan mewakili Pesisir Barat  di tingkat nasional," paparnya.

Pada bulan Ramadhan medatang, Karang Taruna Pesibar juga akan menggelar tradisi Memalaman Pitu Likokh. Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pesibar juga akan melaksanakan Safari Ramadhan ke seluruh pengurus kecamatan.

"Tradisi Memalaman Pitu Likokh ini sudah jarang digelar. Pada malam 27 Ramadhan nanti, kita akan hidupkan kembali. Tradisi Memalaman Pitu Likokh dilakukan dengan 

membakar susunan tempurung kelapa yang menjulang hingga satu meter lebih. Ini upaya kita untuk ikut melestarikan kebudayaan," terangnya.  

Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona mengapresiasi keaktifan Karang Taruna Kabupaten Pesibar dalam melaksanakan program kerja.

Lebih jauh Dendi mengatakan, BBKT merupakan salah satu bentuik peran aktif dan pengabdian para pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna. 

"Melalui BBKT kita bisa mempersembahkan kemampuan kita dalam berbagai bidang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat luas," kata Dendi.

Dia melanjutkan, saat ini program kerja Karang Taruna tidak hanya fokus dalam menangani permasalahan sosial. "Karang Taruna saat ini sudah bertransformasi membantu masyarakat di berbagai bidang. Karena itu lewat Bulan Bakti Karang Taruna, kita juga akan mengangkat branding Pesisir Barat  yang bukan lagi harta karun,  tapi harta yang sudah terlihat nilainya," terangnya.

Wakil Bupati Pesibar A Zulqoini Syarif mengatakan, pemkab setempat siap mendukung suksesnya pelaksanaan Bulan Bakti Karang Taruna di kabupaten setempat.

"Kami berupaya semaksimal mungkin memberikan dukungan untuk suksesnya Bulan Bakti Karang Taruna Provinsi Lampung di Kabupaten Pesisir Barat," kata wabup.

Karena itu, dia minta pengurus dan anggota Karang Taruna dapat memperkuat sinergi dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Pesibar. (**) 






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos