Lomba Mancing, Masyarakat Diajak Manfaatkan Potensi Ikan

img
Sekdakab Tulangbawang, Anthoni, membuka loma mancing HUT ke-26 Kabupaten Tulangbawang.

MOMENTUM, Menggala -- Kabupaten Tulangbawang memiliki potensi ikan yang melimpah. Masyarakat diajak mengembangkan dan memanfaatkannya dengan baik.

Demikian disampaikan Sekdakab Tulangbawang, Anthoni, mewakili Penjabat Bupati, Qudrotul Ikhwan, saat membuka lombang mancing di kolam Reva, Menggala, Rabu 15 Maret 2023.

"Dengan potensi perikanan yang melimpah, saya berharap program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan dapat kembali berjalan," katanya.

Menurut dia, mengonsumsi ikan sangat baik bagi anak-anak yang masih dalam masa pertubuhan serta dapat membantu ketahanan pangan nasional dandapat meningkatkan sektor perekonomian daerah.

Selain itu, lomba memancing sekaligus menjadi sarana mengedukasi masayrakat tentang pentingnya menjaga potensi ikan dengan melestarikan habitatnya.

Karena itu, Anthoni mengingatkan masyarakat untuk mengambil ikan dari perairan dengan cara wajar dan ramah lingkungan. "Jangan gunakan setrum, racun, atau cara illegal lainnya yang merusak ekosistem dan potensi ikan. Saya mengimbau agar masyarakat taat aturan, jangan melanggar aturan menangkap ikan, karena bisa terkena sanksi hukuman denda bahkan penjara," tegas Anthoni.

Dia juga menyebutkan manfaat lain lomba mancing. Antara lain, menjadi media interaksi antara sesama pemancing dan masyarakat. Lebih dari itu, bisa menghidupkan wisata mancing di Tulangbawang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tulangbawang, Eka Saputra, mengatakan, lomba mancing digelar menyongsong HUT ke-26 Kabupaten Tulangbawang.

Lomba mancing diikuti 125 peserta. Memperebutkan hadiah juara 1, uang tunai Rp 3 juta + piala, juara II Rp2,5 juta + piala dan juara III Rp 1 juta + piala. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment