Temuan Brio Merah, Polisi: Pemilik Terkait Otak Pelaku Spesialis Pencuri Pickup

img
Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung Kompol. Dennis Arya Putra, Foto : Ardi Munthe

MOMENTUM, Bandarlampung--Aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung mengungkap kasus penemuan Brio merah dengan bekas tembakan serta terdapat bercak darah.

"Pemilik mobil itu masih terkait dengan otak pelaku spesialis pencuri pickup," ujar Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung Kompol. Dennis Arya Putra kepada wartawan, di Mapolresta setempat, Jumat (31-3-2023).

Menurut dia, pemilik mobil Honda Brio merah Sinta Yana, memiliki hubungan spesial kepada salah satu pelaku.

"Pada Sabtu (11-3-2023), mobil Sinta dipinjam oleh pelaku, mobil tersebut digunakan pelaku untuk melakukan tindak pidana pencurian," kata Dennis.

Sinta Yana merupakan tenaga honorer di Kabupaten Lampung Timur. Saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadapnya.

"Nanti kalau ada hal-hal yang menunjuk kepada Sinta Yana terlibat atau tidaknya, akan kita panggil kembali nantinya, karena kita masih melengkapi bukti-buktinya," jelas Kasat.

Lebih lanjut, Dennis menyampaikan, dari petunjuk rekaman Closed Circuite Telivision (CCTV) lokasi ketiga pelaku melakukan pencurian, pihaknya berhasil mengamankan dua mobil lainya.

Mobil tersebut berhasil diamankan pihaknya di dua tempat berbeda, pertama di kawasan kebun sawit Tegineneng dan yang ke dua di wilayah parkiran natar.

"Kami berhasil mengamankan dua mobil lainnya, yang digunakan pelaku untuk melakukan pencurian, diantaranya satu unit mobil merek Honda HRV dan satu mobil Avanza putih," kata Kasat.

Tim Tekab 308 Satreskrim Polresta Bandarlampung dan Tekab Polres Lampung Tengah juga memantau ketiga pelaku.

"Tiga pelaku sudah teridentifikasi, dipastikan dalam keadaan luka tembak, kami masih memantau tempat persembunyian ketiganya yang masih ditutupi oleh keluarga pelaku," jelasnya.

"Setalah kita menerima keterangan dari beberapa saksi, ternyata ke tiga pelaku ini target Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus yang sama pada tahun 2022," kata dia.

Petugas sudah memantau persembunyian tiga pelaku dan tinggal memperhitungkan baik buruknya upaya paksa penangkapan ketiganya. 

Diberitakan sebelumnya, sebuah mobil Honda Brio merah dengan banyak bekas tembakan senjata api dan bercak darah, ditemukan warga di areal persawahan di Rejomulyo, Jatiagung, Lampung Selatan.

Mobil dengan nomor polisi BE 1687 AMQ tersebut pertama kali ditemukan oleh warga setempat di tengah sawah pada Saelasa 28 Maret 2023 sekitar pukul 01.00 WIB.

Dari keterangan warga sekitar, badan mobil sebelah kanan terdapat empat lubang bekas tembakan senjata api, sementara sebelah kiri terdapat dua bekas tembakan. Juga banyak bercak darah di kursi mobil bagian depan.

Informasi yang diperoleh harianmomentum menyebutkan, mobil itu milik Sinta Yana, staf protokol Bupati Lampung Timur, yang hilang dicuri dan sudah dilaporkan ke kepolisian setempat.

Hal itu juga ditunjukkan dengan ditemukannya ID card atau tanda pengenal seorang wanita bernama Sinta Yana, yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, di dalam mobil tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Denis Arya Pura membenarkan penemuan mobil tersebut. Sekitar pukul 10.00 Wib Tim Inafis Polres Lampung Selatan dan Polresta Bandarlampung mendatangi lokasi mobil ditemukan.

Saat ini mobil tersebut masih diselidiki petugas Satreskrim Polresta Bandarlampung. Diduga kuat digunakan pelaku tindak kejahatan yang diburu oleh polisi.(*)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos