Resmikan Kantor Baru, PWI Mesuji Kerjasama dengan Kepolisian dan Kejaksaan

img
Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama PWI Mesuji dengan Polres dan Kejari setempat

MOMENTUM, Mesuji--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mesuji menjalin kerjasama dengan Kepolisian Resort dan Kejaksaan Negeri setempat.

Kerjasama terkait penyelesaian sengketa pers tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Ketua PWI Mesuji Apriadi, Kepala Kejaksaan Negeri Mesuji Azy Tyawardhana dan Kabag Ops Polres Mesuji AKP Iwan Darmawan mewakili Kapolres AKBP Ade Hermanto.

Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama tersebut berlangsung di sela acara peresmian Kantor PWI Kabupaten Mesuji, Selasa (10-10-2023).

Ketua PWI Mesuji Apriadi mengatakan, kerjasama tersebut merupakan turunan dari kerjasama yang telah dilakukan PWI pusat, PWI Provinsi Lampung dengan kedua institusi tersebut. "Kerjasama ini adalah implementasi dari Kemerdekaan Pers. Jadi jika terjadi sengketa pers terkait pemberintaan, proses penyelesaianya tidak merujuk pada aturan hukum perdana, tapi diselesaikan melalui Dewan Pers berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Namun, jika itu menyakut tidank kriminal, seperti pemerasan, intimidasi, maka kerjasama ini tidak berlaku. Proses penyelesaian tetap merujuk aturan hukum pidana," kata Apriadi.

Hal senada disampaikan Kabag Ops Polres Mesuji AKP Iwan Dermawan. "Kerjasama ini hanya terkait sengketa pers. Jadi, kalau ada oknum wartawan melakukan pemerasan atau hal-hal kriminal yang tetap akan dijerat dengan hukum pidana," tegasnya.

Ketua PWI Provinsi Lampung Wira Hadikusumah mengapresiasi kerjasama tersebut. "Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, wartawan dilindungi dengan Undang-Undanga Nomor 40 tahun 199t tentang pers. Tentunya itu terkait tugas dan fungsi wartawan yang sebenarnya. Kalau dia melenceng dari fungsi itu, tentunya undang-undang tersebut tidak berlaku. Demikian juga dengan kerjasama ini," kata Wira.

Dia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemkab Mesuji yang telah mendukung upaya peningkatan profesionalitas kinerja wartawan.

"Atas nama seluruh anggota PWI, khususnya Kabupaten Mesuji, saya menyampaikan terimakasih kepada Pemkab yang telah mendukung pembangunan kantor ini, sebagai salah satu sarana peningkatan profesionalitas kinerja wartawan, khususnya yang tergabung dalam PWI," ungkapnya.

Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, pemkab setempat akan senantiasa mendukung upaya-upaya peningkatan profesionalitas kinerja wartawan.

"Selain sebagai penyampai informasi, fung wartawan itu kontrol sosial. Program pembangunan yang kita laksanakan tidak akan bisa berjalan optimal tanpa dukungan pers. Karena itu, Pemkab Mesuji komitmen bersinergi dengan seluruh elemen termasuk pers untuk mengoptimalkan dn mengefektifkan program pembangunan," tegasnya. (**) 






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos