Pers Berperan Penting Awasi Pemilu

img
Diskusi dan Rapat Koordinasi Bawaslu Pesawaran dalam Pengawasan Pemilu 2024

MOMENTUM, Bandarlampung--Pers berperan penting dalam menyukseskan pemilihan umum 2024 mendatang. Peran itu antara lain sebagai penyebar informasi serta mengawasi pelaksanaan pemilu.

Karenanya, insan pers terus berkomitmen dalam mengawal pemilu yang adil transparan serta berintegritas melalui pemberitaan yang bertanggung jawab sesuai Kode Etik Jurnalistik.

Pesan itu disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran Ismail dalam rapat koordinasi pengawasan pemilu bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten setempat.

"Pers sebagai pilar keempat demokrasi tentu juga punya tanggung jawab yang besar demi suksesnya pemilihan umum 2024 mendatang. Kami berkomitmen untuk turut serta dalam memberikan edukasi serta sosialisasi kepada mesyarakat," katanya dalam sesi diskusi bersama Bawaslu Pesawaran, di andarlampung, Senin (23-10-2023).

Menurut Ismail, pemberitaan media massa juga sangat penting dalam menjaga pemilu agar proses regenerasi kepemimpinan di lembaga eksekutif serta legislatif terselenggara dengan baik.

"Media massa juga dapat berperan sebagai peyampai informasi yang akurat, sekaligua penangkal berita hoax yang biasanya masif tersebar saat pemilu berlangsung," katanya.

Ketua Bawaslu Pesawaran, Fatihunnajah menyebut gelaran rapat koordinasi yang dikemas dalam diskusi itu bertujuan untuk memperkuat peran pengawasan berbagai unsur yang ada di kabupaten setempat.

"Proses pengawasan pemilu memang mustahil jika hanya dilakukan oleh lembaga pengawas, karena itu kami juga meminta dukungan dari organisasi masyarakat, pemuda, pelajar serta insan pers agar turut berperan aktif mengawasi pemilu," katanya. 

Fatih juga berharap agar media massa dapat menberikan edukasi kepada masyarakat dengan pemberitaan yang akurat guna mencegah tersebarnya berita hoax dalam setiap tahapan pemilu 2024 mendatang. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos