KPU Pesawaran Terima 6.500 Kotak Suara Pemilu 2024

img
Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino dan petugas kepolisian saat menerima kedatangan logistik pemilu berupa kotak suara.

MOMENTUM, Gedongtataan--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran menerima 6.400 kotak suara untuk Pemilu 2024. KPU juga melakukan pengecekan guna memastikan kelengkapannya.

Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino mengatakan, pihaknya telah dikirim dua truk kotak suara untuk pemilu dengan jumlah sebanyak 6.400 kotak suara.

“Kita baru menerima kotak suara saja, kalau logistik lainnya kita belum dikirimkan, dan saat ini kami sedang melakukan penghitungan dan menyortir kotak suara guna memastikan jumlah dan tidak ada kerusakan,” katanya, Selasa (24-10-2023).

Dia mengatakan, jumlah ribuan kotak suara tersebut, nantinya akan didistribusikan untuk 1.381 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di 148 desa di Pesawaran.

“Kita tidak ada kotak suara cadangan semuanya sesuai dengan kebutuhan, tapi kalo nanti ada kerusakan ataupun kurang, kami diperbolehkan untuk melaporkan ke penyedia, agar ditambah ataupun diganti,” ujar dia.

“Dan untuk penyortiran dan penghitungan kotak suara yang kita terima, ini dilakukan langsung oleh petugas dari KPU dan juga diawasi oleh pihak kepolisian, sehingga tidak ada campur tangan dari orang luar,” kata dia.

Menurut dia, untuk pengamanan kotak suara di gudang milik KPU, pihaknya melakukan pengamanan dengan cara mandiri dan dibantu oleh pihak kepolisian Polres Pesawaran.

“Pengamanan ada dari Pamdal KPU juga dari kepolisian yang berjaga di gudang KPU, untuk teknis pengamanan itu akan dilakukan selama 24 jam. Selain itu, kondisi gudang penyimpan kotak suara pun telah disterilkan sebelum kedatangan logistik dengan melakukan penyemprotan anti rayap dan pembuatan palet guna memastikan agar kondisi logistik tetap aman selama masa penyimpanan,” katanya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos