Promosi Wisata ke Lampung, Jakarta Gelar JFT 2023

img
Jumpa pres Jakarta Travel Fair di Bandarlampung. Foto : Ardiansyah.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Travel Fair (JFT) 2023 di Mall Boemi Kedaton Lampung, 17-19 November mendatang. Dimeriahkan Novia Situmeang, Nyoman Paul dan Band Batas Senja. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, JFT bertujuan mempromosikan pariwisata Jakarta. 

“Pemprov DKI Jakarta mendukung program pemerintah Bangga Berwisata di Indonesia dengan target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara. Untuk itu, kami berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta,” kata Andhika saat jumpa pers di Bandarlampung Rabu (15-11-2023).

Dikatakan Andhika, JTF sudah dilaksanakan di Palembang pada 18-22 Oktober 2023, menyusul kemudian di Surabaya pada 1-5 November 2023, dan terakhir dilaksanakan di Lampung (15-19 November 2023). 

Berbeda dari tahun sebelumnya, dalam pelaksanaan JTF 2023, Andhika menyebut pihaknya menggandeng asosiasi sektor pariwisata.

“Tahun ini kami membuat terobosan baru dengan menggandeng asosiasi travel agent seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia atau ASTINDO, yang sudah seringkali menyelenggarakan berbagai event travel fair agar jumlah kunjungan wisatawan ke DKI Jakarta dapat semakin meningkat,” ungkapnya. 

Peserta JTF melibatkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral yakni travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan, toko souvenir, pengrajin batik, dan sebagainya, yang akan memberikan harga khusus selama pameran ini. 

Para agen travel akan memperkenalkan paket wisata, seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island shopping, dan lain-lain. 

Sejumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral turut berpartisipasi dalam acara ini seperti travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan dan pengrajin batik. 

“Tentunya dalam even pameran ini akan ada penawaran dengan harga spesial untuk paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island hopping, dan lain-lain,” ujarnya.

Dalam JTF 2023 banyak penawaran menarik untuk berwisata ke Jakarta. Seperti, paket Jakcation dengan menginap selama tiga hari diharga Rp599 ribu, Holiday Jakarta, Rp999 ribu, Walking Tour Rp50 ribu, Free and Easy Jakarta Rp350 ribu, Jak Fun seharga Rp299 ribu, ditambah voucher breakfast di hotel sebesar Rp99 ribu, Royal Signature Lampung-Jakarta OW Rp225 ribu. 

Selain itu juga ada promo voucher makan di Restauran yang berada di Area Old Shanghai Sedayu City di Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan city tour eksklusif yaitu berkunjung ke Taman Mini dan Ancol. Ada juga, Student Trip, Door to Door Jakarta Tour, dan melengkapi perjalanan, wisatawan dapat berkunjung ke Pulau Seribu, seperti Pulau Tidung selama 4 hari 3 malam. 

Dalam rangkaian kegiatan JTF 2023 ini juga akan diselenggarakan kegiatan corporate gathering, destination presentation, business networking untuk memberikan kesempatan bagi peserta pameran/exhibitor dari Jakarta menginformasikan tentang kemajuan, keanekaragaman, keunikan kota Jakarta.

Sherly Yuliana, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi-Disparekraf Provinsi DKI Jakarta menambahkan, selain pelaku pariwisata tercatat sejumlah bank juga ikut serta dalam JTF 2023 seperti Bank DKI, BCA, BNI, BRI, dan Mandiri juga dengan memberikan dukungan, berupa potongan harga sebesar Rp300 ribu untuk minimum pembelanjaan Rp3 juta dan bonus-bonus seperti E-money. 

Selain itu, ada paket untk kuliner exclusive, makan di restoran fine dining di Resto Kunstkring dan Sky Roof Top Menara BCA.

Perusahaan telekomunikasi dengan jaringan terkuat seluruh Indonesia - Telkomsel, juga turut berpartisipasi dalam event JTF 2023.

Pada 2023, pendapatan asli daerah Provinsi DKI Jakarta di sektor hotel, restoran dan hiburan sampai 18 september 2023, sebesar Rp4,732 trilun dari target APBD 2023  senilai Rp5,8 triliun.

"Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta,” katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos