Gubernur Apresiasi Festival Wisata Pesawaran 2023

img
Pembukaan Festival Wisata Pesawaran tahun 2023

MOMENTUM, Telukpandan--Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi upaya Pemkab Pesawaran mengoptmalkan pengembangan potensi pariwisata sebagai motor penggerak perekonomian daerah.

Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan saat membuka Festival Wisata Pesawaran, mewakili Gubernur Arinal Djunaidi. Festival tersebut berlangsung di Pantai Ketapang Bahari, Desa Batumenyan, Kecamatan Telukpandan, Sabtu (18-11-2023).

"Potensi pariwisata Kabupaten Pesawaran tidak perlu diragukan lagi. Karena itu, inovasi dan kreatifitas sangat diperlukan untuk mengembangkan potensi tersebut secara optimal," kata Bobby.

Menurut dia, gelar Festival Wisata Pesawaran yang mengkolaborasikan keunikan budaya dengan pesona keindahan alam dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, patut diapresiasi.

"Gelaran Festival Wisata Pesawaran yang mengusung tema culture celebrate ini patut dicontoh oleh kabupaten/kota lain, sebagai sebuah terobosan inovatif dan kreatif dalam pengembangan potensi pengembangan potensi pembangunan di bidang pariwisata," ungkapnya.

Dia berharap, even tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisata untuk mendongrkar perekonomian Kabupaten Pesawaran. 

"Semoga dengan adanya festival ini, sektor pariwisata Kabupaten Pesawaran semakin berkembang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," harapnya.  

Sebelumnya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan, festival tersebut merupakan modifikasi pengembangan even promosi wisata tahun Festival Pahawang.

"Festival Wisata Pesawaran ini bentuk baru dari pelaksanaan Festival Pahawang yang memang selalu kita gelar setiap tahun," kata bupati.

Dia melanjutkan, melalui tersebut diharapkan pengembangan potensi wisata Kabupaten Pesawaran bisa semakin luas. Tidak hanya terbatas pada satu obyek wisata tertentu, bahkan juga memperkenalkan potensi wisata budaya yang dikolaborasikan dengan pengembangan sektor UMKM.  

"Pesawaran itu bukan hanya punya pesona wisata bahari, tapi juga keunikan adat budaya. Ini yang kita coba kembangkan melalui Festival Wisata Pesawaran," terangnya.

Selain itu, Festival Wisata Pesawaran yang mengusung tema culture celebrate, merupakan bentuk komitmen dan dukungan pemkab setempat terhadap Program Kharisma Even Nusantara (KEN) yang dilaksanakan pemerintah pusat.

Gelaran Festival Wisata Pesawaran tahun 2023 menampilkan beragam atraksi budaya, seperti: ruwat laut, pentas musik tradisinal gitar tunggal, tari seghampang 12, tari khatu marga, tari kecah pesisir, tari medley & dance serta drama teaterikal pejuangan romusa. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos