KPU Pringsewu Ajak Wartawan Sukseskan Pemilu

img
Sosialisasi pemilu untuk segmen jurnalis yang diselenggarakan KPU Pringsewu

MOMENTUM, Pringsewu--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Segmen Jurnalis. Agenda berlangsung di Hotel Regency Gadingrejo, Sabtu (2-12-2023).

Kegiatan terkait penanganan berita hoax serta peran serta media dalam tahapan kampanye Pemilu tahun 2024 itu diikuti 50 wartawan. Menghadirkan narasumber  Ketua PWI Provinsi Lampung Wira Hadikesumah, Ketua KPID Lampung Budi Jaya Idris dan dari Polres serta Kodim 0424/Tanggamus.

Ketua KPU Pringsewu Sofyan Akbar Budiman mengatakan, agenda tersebut bertujuan, agar para wartawan memahami sekaligus  menyosialisasikan tahapan dan aturan pemilu.

“Semoga kawan-kawan media turut serta menginformasi terkait kepemiluan kepada masyarakat luas melalui karya jurnalisnya," harap Sofyan.

Menurut dia,  tahapan kampanye pemilu telah dimulai  sejak 28 November 2023 hingga berakhir 10 Februari 2024 mendatang.

"Selanjutnya, dalam waktu dekat kita akan memasuki tahapan rekrutmen KPPS pada 11 Desember 2023. Di Pemilu 2024 kita akan menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) untuk menyampaikan hasil penghitungan suara secara cepat kepada publik,” jelasnya.

Dia  berharap tingkat partisipasi pemilih di tahun 2024 bisa meningkat. “Pada Pemilu 2019, partisipasi memilih kita mencapai 83 persen. Semoga di 2024 bisa meningkat lagi. Maka peran serta rekan-rekan media sangat dibutuhkan," terangnya.

Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah memaparkan materi tentang peran media dalam pemilu 2024. Ketua KPID Lampung  Budi Jaya Idris menyampaikan materi  tentang peran lembaga penyiaran dalam menyongsong pemilu. (lis)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos