KPU Pesawaran Agendakan Pelantikan KPPS

img
Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Pesawaran, Murniati Indah Permatasari

MOMENTUM, Gedongtataan--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran mengagendakan pelantikan 9.667 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada 25 Januari 2024.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Pesawaran, Murniati Indah Permatasari mengatakan, pihaknya telah mengumumkan hasil seleksi caloan angota KPPS untuk pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2024.

"Anggota KPPS sudah kita umumkan pada Desember 2023 lalu. Sebelunya juga kita lakukan tahapan  tanggapan dan masukan dari masyarakat, sesuai dengan Juknis Nomor 1669 Tahun 2023," katanya, Selasa (9-1-2023).

Indah menjelaskan, ribuan anggota KPPS tersebut nantinya akan bertugas di 1.381 Tempat Pemungutan Suara yang tersebar pada 148 desa di Kabupaten Pesawaran.

"Penugasannya guna memastikan untuk pelaksanaan Pileg maupun Pilpres berjalan dengan tertib dan sesuai aturan," terangnya.

Selain ribuan KPPS, KPU Pesawaran juga telah meminta Panitia Pemungutan Suara untuk melakukan perekrutan anggota Linmas.

"Perekrutan Linmas guna menjamin keamanan di setiap KPPS. Ada 2.762 anggota Linmas yang sudah terekrut sebanyak. Mereka juga nantinya akan ditugaskan di  TPS. Dua anggota Linmas untuk tiap TPS," jelasnya.

Seluruh KPPS diminta melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku dengan mengedepankan prinsip kejujuran dan keadilan.

"Pemilu dan pileg yang jujur dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan meminimalisir gesekan yang terjadi di hari H pemilihan," terangnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos