KONI Pusat Wacanakan PON Remaja

img
Pembukaan Rakor KONI se-Sumatera Tahun 2024

MOMENTUM, Belitung--Pekan Olahraga Nasional (PON) tingkat Remaja, menjadi salah satu agenda program kerja yang akan dilaksanakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Wacana pelaksanaan PON Remaja itu disampaikan Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (purnawirawan) Marciano Norman saat membuka Rapat Koordinasi KONI Provinsi wilayah Sumatera. Rakor berlangsung di Swiss-Belresort Belitung, (5-3-2023) malam.

Marciano mengatakan, penyelenggaraan even olahraga secara rutin dan berjenjang akan mendorong efektifitas upaya peningkatan prestasi olahraga. Karena itu, beberapa waktu lalu, KONI Pusat  menyelenggarakan Indonesia Martial Art Games (IMAG) I/2023 di Bogor-Bekasi.

“Ke depan, ini akan menjadi agenda dua tahun sekali. kemudian kita juga akan menyelenggarakan Indonesia Beach Games, Indonesia Indoor Games dan PON Remaja,” katanya. 

Dia juga mendorong KONI daerah, terutama kabupaten/kota dapat menggagas multievent olahraga yang berkonsep sport tourism. "Konsep sport tourism bukan sekedar kegiatan olahraga, tapi juga berdampak pada peningkatan perekonomian daerah melalui kunjungan wisata," terangnya.

Sebelumnya, dia juga mengapresiasi solidaritas KONI Provinsi di seluruh Sumatera dalam membina dan meningkatkan prestasi  olahraga. "Multievent olahraga wilayah yang masih ad,  hanya Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera.  Kompetisi seperti ini sangat dibutuhkan, agar saat turun di  Pekan Olahraga Nasional (PON), para atlet semakin matang," ungkapnya.

“Saya berharap ke depan KONI-KONI Provinsi lainya juga bisa mendorong penyelenggaraan Porwil. Tidak mudah, tapi Sumatera selalu bisa melaksanakan Porwil ini dengan baik,” pujinya.

Marciano berterimakasih dan memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada tuan rumah Riau yang sukses menyelenggarakan Porwil Sumatera XI/2023. Bahkan, menjadi juara umum. 

Seluruh KONI di Sumatera juga diingatkan untuk  mempersiapkan dengan baik,  kontingen yang akan diberangkatkan ke PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara bulan September 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olaharaga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Widya Kemala Sari menyampaikan apresiasi dan terimakasih, atas kepercayaan menjadi tuan rumah rakor tersebut.

"Dari Bangka-Belitung, mari kita kobarkan semangat korp Sumatera untuk menyukseskan PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara,”  aja Widya mewakili Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Syafrizal. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos