Beragam Kegiatan Meriahkan HUT ke-27 Kabupaten Tanggamus

img
Penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-27 Tanggamus di Lapangan Merdeka Kecamatan Kotaagung. Foto. Ist.

MOMENTUM, Tanggamus -- Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan upacara bendera di Lapangan Merdeka, Kecamatan Kotaagung, Kamis 21 Maret 2024. 

Upcara digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kabupaten Tanggamus. Dengan mengusung tema: “Bakti Bersama Menuju Tanggamus Sejahtera”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Penjabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan. Upacara berjalan dengan lancar dan khidmad. 

Usai upacara, dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Bahagia Kecamatan Kotaagung Timur. Dikuti pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, forkopimda, para kepala dinas/instansi,  Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua DWP Tanggamus, tokoh adat dan tokoh agama, dan perwakilan sejumlah organisasi kemasyarakat.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Mulyadi Irsan, mengatakan, peringatan HUT ke-27 Kabupaten Tanggamus, merupakan puncak apresiasi daerah terhadap sejarah perjuangan pembentukan Kabupaten Tanggamus. 

Kegiatan itu dilaksanakan setiap 21 Maret, sejak disahkannya Undang-undang Nomor 2 Tahun 1997 tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Tulangbawang dan Kabupaten Daerah Tingkat II Tanggamus.

Peristiwa dan catatan sejarah menunjukkan, pendahulu masyarakat Tanggamus adalah para pejuang tangguh yang dengan gagah berani melawan penjajah.

Semangat perjuangan tersebut tidak pernah pudar. Semangat itu akan terus ditanamkan di jiwa masyarakat Tanggamus. Melalui sinergi, kerja berkualitas, saling membantu dan bergotong royong dengan fokus menjadikan Kabupaten Tanggamus yang makin maju, sejahtera dan berkelanjutan.

Sejalan dengan tema peringatan HUT ke-27 Kabupaten Tanggamus, Mulyadi Irsan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama manfaatkan segala potensi keberagaman budaya, adat istiadat, agama, serta sumber daya manusia dan sumber daya alam.

"Kita bersatu dan bergerak bersama untuk maju dan berprestasi dalam meningkatkan pembangunan di semua sektor kehidupan, agar masyarakat Tanggamus dapat hidup sejahtera lahir batin," harapnya.

Berdasarkan pencapaian pembangunan sepanjang tahun 2023 dan awal 2024, Kabupaten Tanggamus berhasil memperoleh apresiasi berpa penghargaan atas sejumlah prestasi. Antara lain, Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya dari Kementerian PP-PA; Penghargaan Proklim Utama untuk Pekon Gisting Atas dari Kementerian LHK; Penghargaan Itegrated Sustainability Indonesia Movenment For Regencies Dalam Pencapaian SDGs dari Bappenas dan APKAS.

Kemudian, Juara II Tingkat Nasional Lomba Desa Wisata Nusantara Kategori Desa Berkembang untuk Pekon Kiluan Negeri dari Kemendesa dan PDTT; Penghargaan Inovation Government Award sebagai Kabupaten Sangat Inovatif dari Kemendagri; Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham; dan Penghargaan Plakat Adipura Kategori Hutan Kota Terbaik untuk Hutan Kota Way Lalaan dari Kementerian LHK.

Keberhasilan dan prestasi tersebut merupakan buah dari usaha dan kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Tentu, tidak terlepas dari dukungan, partisipasi dan doa seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, Pj. Bupati Mulyadi menjelaskan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-27 Kabupaten Tanggamus. Antara lain, bakti sosial berupa operasi kesehatan terhadap 29 warga. Kegiatan ini bekerja sama dengan Umi Ramlah dan Smartfren dari Sumatera Selatan.

Selain itu, juga bakti sosial operasi mata katarak. Diawali dengan pemeriksaan mata yang diikuti seribu warga Tanggamus. Peserta bakti sosial ini diberikan kacamata, sebelum dilakukan operasi katarak setelah Ramadan.

Kegiatan lainnya, Tanggamus Run bekerja sama dengan Lampung Hash House Harries Provinsi Lampung. "Intinya, ke depan juga akan kita bangun secara rutin kegiatan-kegiatan yang ada di Tanggamus untuk menghidupkan suasana yang ada di kabupaten Tanggamus," katanya.

Kemudian, DPR Tanggamus menggelar Rapat Pripurna Istimewa dalam rangka HUT ke-27 Kabupaten Tanggmus. Lalu, upacara peringatan hari ulang tahun di Lapangan Merdeka. "Alhamdulillah berjalan dengan khidmat dan lancar," katanya. 

Puncaknya, Mulyadi menambahkan, setelah Idul Fitri akan digelar Tanggamus Expo yang dimeriahkan berbagai hiburan rakyat. Kegiatan ini sekaligus penutupan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Tanggamsu pada tahun ini.

"Saya mengajak semua masyarakat membangun Tanggamus. Sesungguhnya satu lagi tujuan bernegara.Yaitu, terima kasih kepada semua pahlawan," kata Mulyadi. 

Selain itu, dia juga meminta masyarakat turut menciptakan keamanan, kehidupan masyarakat yang damai dan sejuk. Hal ini, akan mendorong masuknya investasi yang bermanfaat bagi perkembangan ekonomi Tanggamus ke depan. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos