Besok, Seleksi Pakibraka Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024 di GOR Way Handak

img
Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan karakter Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lamsel Agus Heriyanto. Foto. Ist.

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) telah membuka seleksi administrasi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (capaska) 2024. Rekrutmen dimulai 1 Maret sampai 13 April 2024.

Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan karakter Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lamsel Agus Heriyanto di ruang kerjanya, Senin (22/4/2024), menjelaskan seleksi calon anggota Paskibraka dapat diikuti oleh siswa siswi SMA/SMK/MA se-Kabupaten Lamsel dengan persyaratan capaska merupakan siswa kelas X dengan usia 16-18 tahun.

Agus menambahkan, setelah peserta dinyatakan lulus tahapan administrasi pada aplikasi transparansi BPIP, selanjutnya mengikuti tahapan seleksi calon paskibraka pada 23-25 April 2024 di GOR Way Handak.

"Selasa besok mulai tahapan seleksi capaska, hari pertama dengan pengukuran tinggi/berat badan dan pemeriksaan kesehatan", jelasnya.

Persyaratan umum calon paskibraka telah tertuang dalam Surat Edaran Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2024 tentang pembentukan Pasukan Pengibar Bendara Pusaka tingkat kabupaten/kota dan provinsi tahun 2024.

“Dari 200 lebih capaska yang mendaftar secara online, hanya 140 capaska yang memenuhi syarat administrasi. Apabila dinyatakan lulus akan mengikuti seleksi berikutnya", terangnya.

Agus juga menambahkan, bahwa seleksi paskibraka tingkat kabupaten Lamsel diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA Kelas X di 17 Kecamatan yang ada Lampung Selatan.

"Dari 140 capaska yang telah lulus seleksi administrasi akan mengikuti seleksi selanjutnya dan hanya 36 capaska yang terpilih sebagai anggota paskibraka kabupaten. 6 peserta terbaik, 3 putra dan 3 putri akan kita kirim mengikuti seleksi paskibraka Provinsi dan Nasional bulan Mei mendatang", ujarnya.

Agus berharap bahwa putra putri terbaik kabupaten Lampung Selatan, tidak hanya dapat mengibarkan bendera, lebih dari itu bagi yang terpilih wajib menularkan nasionalisme, jiwa pancasila kepada generasi muda yang lainnya. (***)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos