Rampungkan Pembangunan Infrastruktur lewat DD Tahap I, Kinerja Pemdes Pekurun Diapresiasi

img
Camat Abung Pekurun, Hantara mengapresiasi kinerja Pemdes Pekurun.

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Pekurun Kecamatan Abung Pekurun menggelar Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) pekerjaan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum, Jumat (26-4-2024).

Camat Abung Pekurun, Hantara mengapresiasi kinerja Kepala Desa beserta aparatur desa lainnya yang telah bahu membahu menjalankan roda pemerintahan desa dengan sangat baik. Program prioritas desa membangun yang dicanangkan melalui kucuran Dana Desa (DD) benar-benar diimplementasikan dengan sukses oleh Pemdes setempat.

"Realisasi DD tahap 1 ini benar-benar tepat guna dan sasaran. Semua aspirasi warga yang menjadi prioritas serta pemerataan pembangunan berjalan dengan baik dan menjadi perhatian serius pihak desa. Meski baru Tahap I, semua pekerjaan fisik dapat diselesaikan hingga 100 persen dilapangan," kata Hantara.

Kinerja Pemdes Pekurun terkhusus pada kepiawaian Kades dalam memimpin mendapatkan apresiasi tersendiri. Dibawah kepemimpinan Paiman, Pemdes Pekurun menjadi barometer dan tolok ukur percontohan bagi desa-desa lainnya yang ada di Kecamatan Abung Pekurun.

"Sesuai dengan nama desanya, Pekurun Induk, yang artinya telah melahirkan desa-desa lainnya, telah memberikan contoh yang baik. Semua kegiatan dilakukan dengan baik, transparansi anggaran dan pertanggungjawaban penggunaan dana selalu tersampaikan ke masyarakat," imbuhnya.

Bahkan pekerjaan fisik, sambung dia, setelah dilakukan pemeriksaan lapangan hasilnya sangat memuaskan. Pekerjaan dilapangan mendapatkan apresiasi dari Tenaga Ahli (TA) Kabupaten dan diakui kualitasnya sangat layak, serta berfungsi dengan baik.

"Walaupun dana anggaran masih di Tahap I, namun Kades Pekurun mampu memberikan pelayanan terbaik, dengan menyelesaikan pekerjaannya dilapangan hingga 100 persen. Sudah berfungsi, dan dapat dimanfaatkan oleh warga," tuturnya.

Sementara itu, Kades Pekurun, Paiman saat dikonfirmasi Lintas Lampung diruang kerjanya mengatakan pihaknya berupaya memaksimalkan penggunaan DD dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur di desa berdasarkan hasil musyawarah desa yang dituangkan didalam Musrenbangdes.

Pihaknya terus bekerja dengan profesional. Serta mengedepankan kepentingan masyarakat, dengan berupaya melakukan pemerataan pembangunan disetiap dusun.

"Alhamdulillah di Tahap I ini Pemdes Pekurun berhasil merealisasikan pembangunan 2 unit Sumur Bor yang diletakkan di Dusun I dan VI. Sedangkan peningkatan infrastruktur jalan, dengan membangun jalan rabat beton yang disebar di dusun I, VII, VIII. Sudah diperiksa oleh pendamping desa, Tenaga Ahli Kabupaten, dan pihak Kecamatan Abung Pekurun," terangnya.

Dia berharap, masyarakat desa Pekurun ikut berupaya melestarikan dan menjaga aset desa yang sudah dibangun menggunakan dana desa serta diharapkan dapat dipergunakan dengan baik.

"Saya mengajak masyarakat untuk ikut menjaga, memelihara, serta melestarikan aset desa yang sudah dibangun hingga hari ini. Jangan sampai pembangunan ini menjadi sia-sia dan tidak mempunyai asas manfaat bagi khalayak ramai," tandasnya.

Terpisah, salah satu warga, Alfan (27) yang tengah melintas di jalan rabat beton yang berada di dusun VII mengaku sangat senang jalan di lingkungannya dibangun. Sebelumnya jalan tersebut jika musim penghujan tiba sangat becek dan kumuh, hingga akhirnya kini jalan tersebut dibangun dan kembali mulus tak berbeda jauh dengan jalan yang ada diperkotaan.

"Sangat bersyukur jalan kami disini (dusun VII) sudah diperbaiki, dari jalan yang rusak, sekarang sudah mulus kayak di kota. Terimakasih kepada Pak Kades yang baru, karena sudah memperbaiki jalan kami," ujar warga.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos