Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan ASUH

  • In Umum
  • 08 Mei 2024
  • Laporan Rio
  • 1330 Views
img
Anggota JULEHA Kota Metro mengikuti pelatihan teknik penyembelihan ASUH

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metro, mengikuti Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban dengan metode ASUH alias Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Pelatihan yang berlangsung di UPTD Rumah Potong Hewan dan Laboratorium Kesmavet Kota Metro, Rabu (8-5-2024).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan setempat Hery Wiratno mengatakan, pelatihan tersebut terkait aturan tentang persyaratan izin sertifikasi halal.

"Aturan izin sertifikasi halal ini tidak hanya berlaku untuk produk makanan dan minum, tapi juga dalam proses pengolahan. Termasuk penyebelihan hewan. Ini yang menjadi dasar digelarnya pelatihan penyebelihan hewan kurban dengan metode ASUH," kata Hery Wiratno.

Selain itu, pelatihan juga dimaksud untuk memberikan jaminan keamanan, kesehatan dan kehalalan kepada masyarakat terkait penyebelihan hewan. Terutama hewan kurban. 

"Kota Metro harus bisa menjadi contoh yang mencerminkan dari pola perilaku masyarakat yang berpendidikan dengan memenuhi kaidah-kaidah dan ketentuan yang berlaku, secara syariah maupun secara hukum dan keilmuan," terangnya.

Untuk itu, dia meminta peserta pelatihan memperhatikan secara detail seluruh prosedur dan teknik penyebelihan hewan kurban yang mengedepankan prinsip ASUH.

Ketua JULEHA Kota Metro Wahyudi mengatakan, pelatihan tersebut yang pertama diadakan di kota setempat."Pelatihan ini untuk memberikan edukasi kepada para anggota JULEHA terkait prosedur dan teknik penyembelihan hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Peserta pelatihan 70 orang. Pendanaanya hasil swadaya peserta," ungkapnya.

Dia berharap, Pemkot Metro terus memberikan dukungan dan support terhadap kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh JULEHA setempat. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos