Prodi Biologi Jalani Asesmen Lapangan LAMSAMA

img
Suasana asesmen lapangan dalam rangka proses akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA) di kampus UIN RIL.

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) menjalani asesmen lapangan dalam rangka proses akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA) pada 15-17 Juli 2024.

Tim Asesor LAMSAMA yang hadir yaitu Prof Dr Okid Parama Astirin MS dari Universitas Sebelas Maret dan Prof Dr Fida Rachmadiarti MKes dari Universitas Negeri Surabaya.

Acara ini dibuka oleh Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD yang berlangsung di Ballroom kampus, Senin (15-07-2024).

“Selamat datang di kampus hijau berkelanjutan peringkat 71 dunia versi UI Green Metric, dan kampus terbaik nomor 1 di luar Pulau Jawa versi Webometric dan UniRank,” sambutnya.

Rektor mengungkapkan komitmen UIN RIL untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk di Prodi Biologi.

“Prodi Biologi UIN RIL berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing, dan berakhlak mulia,” ujar Prof Wan Jamaluddin. “Kami yakin bahwa asesmen ini akan memberikan panduan yang berharga bagi kami dalam upaya meningkatkan mutu program studi.”

Prodi Biologi diresmikan pada tahun 2020 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 1217/M/2020 dengan tujuan menghasilkan lulusan yang adaptif, sustainable, responsif, dan inovatif di bidang biologi yang integratif dan berwawasan lingkungan.

Rektor juga menyebut bahwa saat ini pihaknya juga sedang memperjuangkan memperoleh izin resmi dalam payung pembukaan fakultas baru yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek).

“Saat ini, Prodi Biologi telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” tambahnya.

Dalam rangka menjamin mutu dan kualitas pendidikan, sambung Rektor, Program Studi Biologi secara berkala melakukan evaluasi diri yang mendalam seperti Laporan Evaluasi Diri (LED), evaluasi kinerja dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang ketat untuk memastikan bahwa semua proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Kami menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan, saran, dan rekomendasi dari Tim Asesor agar kami dapat terus berbenah dan berkembang menjadi lebih baik. Semoga Prodi Biologi mendapatkan akreditasi terbaiknya dan memperoleh predikat Unggul,” harap Rektor.

Salah satu Asesor Prof Dr Fida Rachmadiarti MKes dalam sambutannya menyampaikan, asesmen lapangan ini bertujuan untuk memotret kondisi riil Prodi Biologi UIN Raden Intan Lampung secara menyeluruh.

“Kami ingin melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Prodi Biologi,” jelas Prof Fida. Pada kesempatan itu, Prof Fida juga mengapresiasi lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung yang sangat hijau.

Hadir dalam acara ini Wakil Rektor I, III, Ketua Senat, Ketua SPI, Dekan dan Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Lembaga , Kepala UPT, Ketua dan Sekretaris Program Studi, para Dosen, Tenaga Kependidikan, serta Mahasiswa Program Studi Biologi.

Kemudian para Stakeholder yakni Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Provinsi Lampung, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Lampung (BPPOM), dan Wildlife Conservation Society (WCS). (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos