Wisuda Periode VI, Rektor Unila Sampaikan Sejumlah Pesan Motivasi

img
Wisuda Periode VI Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Lampung diikuti 1.237 mahasiswa. Foto. Ikhsan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Universitas Lampung (Unila) menggelar Wisuda Periode VI Tahun Akademik 2023/2024 di GSG Unila, Sabtu 20 Juli 2024. Diikuti 1.237 mahasiswa dari program doktor, magister, sarjana dan diploma. 

Seribu lebih wisudawan itu terdiri dari 13 mahsiswa program doktor, 210 program magister, 934 sarjana, dan 80 program diploma. Dengan jumlah tersebut, hingga saat ini, Unila telah melulusan 134.498 orang, dari delapan fakultas dan satu pascasarjana. 

Sementara, jumlah mahasiswa Unila per Juni 2024 sebanyak 36.766 orang. Dan 4.756 diantaranya merupakan mahasiswa penerima beasiswa.

Pada upacara wisuda tersebut, Rektor Unila, Lusmeilia Afriani memberikan beberapa ungkapan motivasi untuk para wisudawan. 

Rektor menyebut, penyelenggaraan wisuda merupakan sebuah upacara yang menandai perubahan status mahasiswa. Seiring dengan perubahan status itu, maka berubah pula tanggung jawab yang akan diemban.

"Sebelum ini saudara adalah mahasiswa. Dan mulai hari ini, saudara menjadi doktor, magister, sarjana dan ahli madya. Ketika menjadi mahasiswa, saudara memikul tanggung jawab akademik. Mulai hari ini, tanggung jawab sosial melekat di pundak saudara," ujar Lusmeilia.

Guru besar Fakultas Teknik itu menjelaskan, ilmu pengetahuan yang dikuasai selama menjadi mahasiswa harus dituangkan ke dalam tindakan sosial. Jika tidak, maka nilai dari ilmu pengetahuan tersebut menjadi luntur. Ilmu pengetahuan adalah sebuah kekuatan intelektual dan kekuatan luhur yang diraih manusia. 

"Kekuatan ini akan menjadi bernilai tinggi, bila digunakan untuk kepentingan kemanusiaan dan kemaslahatan umat manusia," urainya.

Dalam rangka peningkatan kualitas, dia mengatakan, Unila terus menginisiasi dan membangun kerja sama dengan berbagai pihak. Mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dunia usaha, ataupun organisasi profesi. 

Kerja sama tersebut sebagai wujud tanggung jawab keilmuan dan professional Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kontribusinya dalam pembangunan daerah, nasional dan internasional. 

Selain itu, lanjutnya, upaya-upaya peningkatan kualitas pengembangan universitas dan lulusan juga menunjukkan hasil yang baik. 

Lusmeilia menyampaikan, hal ini membuat kepercayaan masyarakat untuk menjalani pendidikan di Unila masih sangat besar. 

"Semoga upaya ini akan terus meningkatkan kualitas lulusan Universitas Lampung," katanya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos