Pj Ketua Dekranasda Lampung Resmikan Dekrafe Pringsewu

img
Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Maidawati Samsudin meresmikan Dekrafe Kabupaten Pringsewu di Komplek Rest Area KM 37, Pekon Wates, Kecamatan Gadingrejo. Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Maidawati Samsudin meresmikan Dekrafe (Dekranasda Kafe) Kabupaten Pringsewu yang berlokasi di Rest Area KM 37, Jalan Lintas Barat Sumatera, Pekon Wates, Kecamatan Gadingrejo.

Peresmian pada Selasa, 13 Agustus 2024, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pj. Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Maidawati dan Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Agnesia Marindo, serta pembukaan selubung papan nama dan pelepasan balon ke udara.

Maidawati berharap, Dekrafe bisa dimanfaatkan masyarakat Pringsewu, yang diwakili beberapa pelaku UMKM yang sudah dikurasi dan layak untuk dijadikan percontohan, serta dinikmati para konsumen yang melintas.

"Ini merupakan bentuk upaya bersama untuk mengapresiasi karya para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya di Galeri Dekranasda Pringsewu," ujarnya.

Selaini tu, menurutnya, di lokasi Dekrafe bisa berbelanja berbagai aneka makanan sambil menikmati keindahan alam Pringsewu berupa hamparan persawahan. "Istilah anak muda, instagramable  dan sangat tepat untuk dimanfaatkan sebagai branding sebuah produk,"ucap Maidawati.

Dia menambahkan, pelestarian budaya merupakan salah satu misi dari pelaksanaan program Dekranasda yang menjadi mitra andal bagi pemerintah dalam mendukung kemandirian para perajin guna meningkatkan ekonomi masyarakat serta melestarikan budaya berdasarkan kearifan lokal.

Sementara Pj.Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Agnesia Marindo mengatakan, dengan Dekranasda Kafe diharapkan mampu menjadi magnet yang menarik pengunjung untuk menikmati suasana perdesaan, memandang keindahan sawah dan temaram lampu kendaraan dengan menikmati secangkir kopi dan aneka kuliner yang disajikan, sekaligus berbelanja produk UMKM di Galeri Dekranasda Pringsewu .

Menurutnya, pembangunan Dekrafe Pringsewu dilatarbelakangi, antara lain, gedung Dekranasda sebagai galeri promosi produk UMKM belum diketahui secara keseluruhan oleh masyarakat. Juga belum tersedianya pusat oleh-oleh khas Pringsewu.

Agnes menambahkan, Dekrafe bertujuan optimalisasi galeri Dekranasda, menghidupkan kawasan rst area sebagai ikon Kabupaten Pringsewu, serta sebagai wadah promosi produk UMKM dan pusat oleh-oleh, dan kuliner.

"Dekrafe ini dikelola oleh manajemen yang berasal dari pelaku UMKM di bawah Dekranasda Pringsewu yang menaungi sekitar 100 pelaku industri kecil menengah dari sembilan kecamatan, yang terdiri dari sektor Kriya, Wastra dan Kuliner,"imbuhnya.

Tampak hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda setempat, juga diserahkan berbagai bantuan antara lain untuk pelaku IKM maupun bantuan sosial lainnya.  (***)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos