Festival Nyeruit di PKK Agro Park Diikuti Dua Ribu Peserta

img
Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin pada Festival Nyeruit Lampung. Foto. Ist.

MOMENTUM, Jatiagung--Festival Nyeruit yang berlangsung di PKK Agro Park, Sabahbalau, Kecamatan Jatiabung, Lampung Selatan, diikuti lebih dari dua ribu peserta, Ahad 25 Agustus 2024. 

Melihat antusias masyarakat mengikuti festival tersebut, Penjabat Gubernur Lampung, Samudin berharap festival nyeruit ke depan bisa digelar dan lebih semarak, bahkan tercatat dalam rekor MURI.

Kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesa itu, diikuti berbagai kalangan, baik forkopimda maupun masyarakat Lampung.

"Ke depan kita targetkan 3000 peserta, supaya dicatat dalam rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia)," kata Samsudin pada pembukaan festival.

Menurut Samsudin, Festival Nyeruit bukan sekadar kegiatan budaya. Melainkan juga sebuah simbol kebersamaan, persaudaraan, dan kekayaan kuliner yang diwariskan oleh para leluhur. Nyeruit, adalah tradisi makan bersama sambil berbagi cerita, merupakan cerminan dari nilai-nilai luhur yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Lampung.

"Saya merasa sangat beruntung dapat merasakan berbagai pengalaman yang mengesankan di tanah Lampung yang kaya akan tradisi dan budaya. Saya berkesempatan menikmati kelezatan seruit dan merasakan kebersamaan dan persaudaraan. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga dan menambah kecintaan saya terhadap kekayaan budaya Lampung," ungkapnya.

Festival Nyeruit Lampung ini, menurut Samsudin tidak hanya melestarikan warisan budaya, tetapi juga memperkenalkannya kepada generasi muda dan dunia luar.

"Saya sangat bangga melihat antusiasme masyarakat Lampung dalam menjaga dan mempromosikan tradisi Nyeruit, yang menjadi salah satu identitas kultural kita," ucapnya.

Samsudin juga berharap, melalui Festival Nyeruit ini, tradisi ini dapat terus terjaga dan lestari, sehingga generasi muda dapat memahami dan mencintai warisan budaya daerahnya.

"Semoga acara ini juga dapat mempererat rasa persaudaraan di antara kita semua, warga Lampung, dan semakin memperkuat jati diri kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang beragam namun tetap satu," harapnya.

Kegiatan Festival Nyeruit ini juga dihadiri oleh pemilik Resto Seruit Buk Lin, Ellynawati AS, yang dianugerahi gelar sebagai Duta Seruit Lampung.

Selain Festival Seruit Lampung, sebelumnya di hari yang sama, Pemerintah Provinsi Lampung juga telah melaksanakan kegiatan  Sepeda Santai "Gowes Bareng Pj. Gubernur" sejauh 42 Km dengan rute menuju Kota Baru.

Kemudian ada juga Senam Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Maidawati Retnoningsih, lomba tradisional, Pasar Murah, dan Bazar UMKM yang juga dilaksanakan di PKK Agro Park.

Kegiatan kemudian ditutup dengan makan seruit bersama dan penyerahan hadiah berbagai lomba dan doorprize oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto. (**) 






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos