IBN Pringsewu-Lampung Beri Pembinaan Daur Ulang Sampah

img
Suasana kegiatan pemberdayaan ibu-ibu di lingkungan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R) Jejama Secancana, Pringsewu Barat.

MOMENTUM, Pringsewu--Tim pengabdian masyarakat dari Institut Bakti Nusantara (IBN) Pringsewu-Lampung melaksanakan kegiatan pemberdayaan ibu-ibu di lingkungan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R) Jejama Secancana, Pringsewu Barat.

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas para ibu dalam mengelola dan mendaur ulang sampah, serta menciptakan produk yang bernilai ekonomis dari hasil daur ulang.

Kegiatan pada Selasa dan Rabu (17-18/9/2024) diikuti  puluhan ibu rumah tangga setempat, terlihat antusias mengikuti pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh tim. 

Ketua Tim Pengabdian M. Muslihudin mengatakan, dalam sesi pelatihan, para peserta diajarkan teknik mengolah sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat seperti tas, Kasur lantai, dompet, dan hiasan rumah. 

"Selain itu, ibu-ibu juga diperkenalkan dengan konsep ekonomi sirkular, yang mendorong penggunaan kembali material untuk mengurangi limbah,"jelasnya.

M. Muslihudin yang juga Dosen IBN Lampung menuturkan,  kegiatan itu tidak hanya bertujuan untuk mengurangi volume sampah yang dihasilkan di lingkungan, tetapi juga memberdayakan ibu-ibu sebagai penggerak utama dalam menjaga kebersihan lingkungan sekaligus meningkatkan pendapatan keluarga melalui hasil produk daur ulang.

"Program ini merupakan program Pengabdian kepada masyarakat yang di danai oleh Kemdikbudristek tahun pendanaan 2024,"ujarnya.

Diharapkan dari kegiatan itu mampu memberikan dampak positif yang berkelanjutan. Selain membantu mengatasi permasalahan sampah, ibu-ibu di sini juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari produk yang mereka hasilkan.

Dia menambahkan, dalam kegiatan tersebut juga diserahkan program Aplikasi Edukasi Sampah dan Web Mobile sebagai media promosi produk hasil daur ulang sampah.

Bahkan, ke depan diharapkan program tersebut bisa terus dikembangkan dengan melibatkan lebih banyak peserta dan memperluas jaringan pemasaran produk daur ulang. 

"Namun kerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak swasta juga akan diupayakan guna mendukung keberlangsungan program ini,"imbuh Muslihudin.

Kegiatan dihadiri Lurah Pringsewu Barat Cecep Irawan, Bripka Fakhrudin Bhabinkamtibmas Pringsewu Barat, Ketua TPS3R Pringsewu Barat Bapak Lukman Riyadi dan Narasumber Pelatihan  Rosita.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos