Duta Lingkungan UIN RIL 2024 Terpilih, Gerakkan Kesadaran dan Aksi Kolektif Mahasiswa

img
Pemilihan Duta Lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) tahun 2024.

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pemilihan Duta Lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) tahun 2024 mencapai puncaknya dalam acara Grand Final yang diselenggarakan di Ballroom kampus UIN RIL pada Jumat, 20 September 2024.

Ajang tahunan ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan kampus dan menciptakan agen-agen perubahan yang peduli terhadap kelestarian alam.

Grand Final yang diadakan oleh Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) ini dihadiri oleh berbagai pejabat kampus, termasuk Rektor UIN RIL Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, Kepala Biro AAKK Dr H Abdul Rahman MPd, para dekan dan wakil dekan, kaprodi dan sekprodi, serta mahasiswa pendukung.

Acara ini juga dimeriahkan dengan kehadiran para Duta Raden Intan dan duta lainnya yang turut memberikan semangat bagi para finalis.

Rektor Prof Wan, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara ini.

“Pemilihan Duta Lingkungan UIN Raden Intan Lampung tahun ini mengusung tema ‘Steward Earth with Youth’, yang sangat relevan dengan tantangan global saat ini. Generasi muda harus berperan aktif dalam mengatasi krisis lingkungan. Dalam Islam, menjaga alam menjaga bumi sebagai amanah yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rektor berharap para finalis yang terpilih nantinya dapat menjadi duta lingkungan yang tidak hanya memiliki kepedulian terhadap isu-isu lingkungan, tetapi juga memiliki semangat untuk beraksi nyata dalam menjaga kelestarian alam. Kemudian mereka juga diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat menggerakkan kesadaran dan aksi kolektif di kalangan mahasiswa serta masyarakat luas.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai awal dari gerakan besar untuk kampus UIN Raden Intan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dengan kolaborasi, semangat, dan kerja keras dari seluruh pihak, saya yakin kita bisa mewujudkan visi bersama untuk menjadikan kampus kita sebagai kampus yang peduli lingkungan dan menjadi contoh bagi kampus-kampus lain,” ajak Rektor.

Ketua Pelaksana, Shinta Anisya MSi, dalam laporannya menyebutkan, kampus UIN RIL telah berhasil meraih peringkat pertama se-PTKIN dan peringkat ke-9 sebagai kampus terhijau di Indonesia versi UI GreenMetric.

“Ajang Pemilihan Duta Lingkungan ini bertujuan untuk menjaring mahasiswa yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan menggerakkan mereka sebagai agent of change dalam pelestarian lingkungan kampus,” jelasnya.

Setelah melalui berbagai tahapan seleksi yang melibatkan 66 peserta dari seluruh fakultas, terpilih 6 pasang finalis yang bersaing di babak Grand Final.

Pada akhir acara, gelar Duta Lingkungan 2024 disematkan kepada Rahmat Hartono dari Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab dan Yayang Aisyah Nurhidayah dari Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebagai Juara 1.

Juara 2 diraih oleh Darma Nur Yadi dari Prodi Studi Agama-Agama (SAA) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) bersama Novita Alfitriyanti dari Prodi Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), sementara Juara 3 jatuh kepada Tamam Sabila dari Prodi Perbankan Syariah (PS) FEBI dan Nely Malihatul Zulfaa dari Prodi Psikologi Islam FUSA.

Sebelum merebutkan posisi pemenang, 6 pasang finalis tersebut diajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan dan wawasan lingkungan dari para dewan juri yang terdiri dari Kepala Biro AAKK Dr H Abdul Rahman MPd, Koordinator Humas dan Kerjasama Anis Handayani MSos, Ketua TPKBBL Suci Wulan Pawhestri MSi, dan Ketua Harian Tim Satgas Kesehatan Mental, Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual UIN RIL Nugroho Arief Setiawan.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos