Antisipasi Bencana Alam, Brimob Lampung Apel Kesiap-siagaan SAR

img
Satuan Brimob Polda Lampung menggelar apel Siaga Search And Rescue (SAR) dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan menanggulangi terjadinya bencana alam.

MOMENTUM, Lampung--Satuan Brimob Polda Lampung menggelar apel Siaga Search And Rescue (SAR) dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah hukum setempat, Rabu (09-10-2024).

Apel Gelar Pasukan tersebut adalah untuk menindaklanjuti petunjuk dan arahan Dankor Brimob Polri terkait apel kesiapsiagaan jajaran Korps Brimob Polri sebagai salah satu bentuk kesiapan Brimob menghadapi segala bentuk gangguan kamtibmas.

Apel ini dipimpin Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Lampung Akbp Ndaru Istimawan di lapangan Hijau Mako Sat Brimob Polda Lampung.

Kombes Pol Yustanto Mujiharso Melalalui Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Lampung AKBP Ndaru Istimawan mengatakan apel tersebut dalam rangka kesiapsiagaan bencana di wilayah hukum Polda Lampung.

"Apel pengecekan personel dan kendaraan ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personel Brimob Lampung guna menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Lampung dan mendukung progam zona integritas. Sehingga ketika dalam keadaan darurat kita siap bergerak dengan peralatan dan kendaraan dinas yang kita miliki, " kata Ndaru.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk pengecekan pasukan, menyiagakan pasukan, serta penyampaian informasi dari pimpinan kepada anggota.

AKBP Ndaru juga menekankan empat hal penting bagi personel Brimobda Lampung saat menjalankan tugas.

Pertama, peningkatkan rasa kesadaran, pemahaman serta kepedulian kita terhadap masyarakat yang tertimpa musibah bencana dengan dibarengi rasa iman, tulus dan iklas sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas.

Kedua, laksanakan upaya deteksi dini melalui mitigasi serta pemetaan wilayah rawan bencana untuk mengetahui kondisi wilayah yang rentan terhadap terjadinya bencana sehingga akan lebih mudah untuk menyusun rencana dan kesiapan penanggulangan yang diperlukan.

Ketiga, harwat sarana prasarana search and rescue (SAR) yang ada disatuan agar dalam kondisi siap opsnal serta tingkatkan kemampuan melalui kegiatan latihan, baik latihan di internal satuan maupun dengan melibatkan berbagai pihak unsur search and rescue (sar) lainnya, seperti satuan TNI, Basarnas, BPBD serta potensi SAR lainnya

Keempat, tingkatkan koordinasi dan kerjasama dengan melibatkan semua stakeholder  untuk  memadukan semua kekuatan sumber daya potensi search and rescue (sar) yang ada di wilayah Provinsi Lampung sehingga bisa saling bersinergi dalam pelaksanaan tugas penangggulangan bencana.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos