Hari Kesehatan Mental Sedunia, UIN Raden Intan Lampung Launching Kampus Sehat Jiwa

img
UIN Raden Intan Lampung Luncurkan Kampus Sehat Jiwa Bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia

MOMENTUM, Bandar Lampung--Bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada Kamis (10-10-2024), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) resmi melaunching program Kampus Sehat Jiwa Satgas/ULT PSGA.

Kampus Sehat Jiwa UIN RIL secara resmi dilaunching oleh Rektor UIN RIL yang diwakili oleh Wakil Rektor II Dr Safari Daud SAg MSosI di Ballroom UIN RIL.

Dr Safari menekankan pentingnya kesehatan mental bagi seluruh sivitas akademika. 

"Kita menangkap isu-isu penting terkait kesehatan mental ini. UIN Raden Intan Lampung sebagai kampus hijau berkelanjutan tentunya harus menjadi kampus yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga dalam kesehatan mental. Kami memberikan dukungan penuh dan apresiasi atas inisiatif ini. Semoga kampus kita semakin maju, tidak hanya secara akademik, tetapi juga dalam menciptakan lingkungan yang sehat, baik secara fisik maupun mental," ujarnya.

Ia juga menambahkan, keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk menciptakan suasana kampus yang penuh semangat dan harmonis. 

“Mari kita ciptakan kampus yang tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga dalam kesehatan mental, sehingga kita semua bisa hidup dengan semangat dan penuh keseimbangan,” lanjutnya.

Acara ini dihadiri lebih dari 350 peserta dari berbagai kalangan, termasuk jajaran pimpinan UIN RIL, Kapolda Lampung atau yang mewakili, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu atau yang mewakili, Ketua ABKIN Wilayah Lampung, Dharma Wanita Persatuan UIN RIL, LKBH Syariah, Ketua HIMPSI Wilayah Lampung, dan Kepala LPKA Kelas II Bandar Lampung, serta dosen, tendik dan mahasiswa UIN RIL.

Acara ini turut menghadirkan sejumlah narasumber ternama, salah satunya Dr Muhammad Zein Purnama SPsi MSi dalam Mental Health Talkshow, yang memaparkan pentingnya menjaga keutuhan diri melalui kesehatan mental. Selain itu, Prof Mein-Woei Suen PhD dari Asia University, Taiwan, juga turut menjadi narasumber.

Ketua LP2M UIN RIL, Prof Dr H A Kumedi Ja’far, MH, dalam sambutannya mengungkapkan, program Kampus Sehat Jiwa merupakan langkah strategis untuk menjadikan UIN RIL sebagai kampus yang sehat di berbagai aspek. 

“UIN Raden Intan Lampung sebagai salah satu perguruan tinggi unggul di Indonesia berupaya untuk terus menjaga kesehatan di segala bidang, baik fisik, mental, emosional, hingga anggaran dan lingkungan. Dengan adanya program ini, kami berharap seluruh sivitas akademika UIN RIL benar-benar sehat dalam semua aspek,” jelasnya. 

Prof Kumedi juga mengingatkan pentingnya keseimbangan kesehatan dalam menjalani kehidupan kampus dengan penuh semangat.

Melalui program ini, UIN RIL berharap dapat menciptakan lingkungan kampus yang sehat, tidak hanya dari segi fisik, tetapi juga mental, emosional, dan lingkungan. Dengan demikian, UIN RIL sebagai kampus terakreditasi unggul dapat terus menjaga keberlanjutannya sebagai institusi yang peduli terhadap kesehatan seluruh sivitas akademika.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos