Usai 40 Hari PPL di SDN 3 Fajaresuk, Mahasiswa STIT Pringsewu Kembali ke Kampus

img

MOMENTUM, Pringsewu--Unit Pelaksana Teknis Sekolah Dasar Negeri (UPT SDN) 3 Fajaresuk Kecamatan Pringsewu menjadi saksi berakhirnya masa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dijalani oleh mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pringsewu.

Setelah menjalani 40 hari penuh dengan berbagai aktivitas belajar dan praktik, hari ini Jumat (11-10-2024) para mahasiswa tersebut secara resmi ditarik kembali ke kampus dalam acara pelepasan yang berlangsung khidmat.

Acara ini dihadiri oleh Kepala UPT SDN 3 Fajaresuk Zulaikha, S.Pd.SD, Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Muhammad Idris, M.Pd.I, Guru Pamong Siti Hasanah, S.Pd.SD, para dewan guru dan juga staf di lingkungan UPT SDN 3 Fajaresuk. Kehadiran mereka memberikan dukungan penuh terhadap mahasiswa yang telah menyelesaikan masa PPL.

Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Idris, M.Pd.I. mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UPT SDN 3 Fajaresuk atas kesempatan yang telah diberikan kepada mahasiswa STIT Pringsewu untuk belajar dan berpraktek di lembaga pendidikan tersebut. Lebih lanjut alumni lulusan Doktor (S3) Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Intan Lampung ini juga mengungkapkan harapannya agar kerjasama ini tidak hanya berhenti pada program PPL, tetapi dapat berkembang menjadi program magang atau bahkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang menawarkan kesempatan belajar yang lebih luas bagi mahasiswa dari berbagai program studi.

“Sebelum PPL mahasiswa sudah dibekali banyak teori pembelajaran yang kami berikan di kampus, dengan program PPL melalui praktik di UPT SDN 3 Fajaresuk ini, mereka bisa langsung terlibat dalam pembelajaran nyata. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga yang akan membekali mereka baik secara teoritis maupun praktis. Ini merupakan perwujudan kerjasama pendidikan sekolah dengan kampus,” ungkap Dr. Muhammad Idris.

Kepala UPT SDN 3 Fajaresuk, Zuliakha, S.Pd.SD, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada STIT Pringsewu melalui dosen pembimbing Dr. Muhammad Idris, M.Pd.I dan tiga mahasiswa PPL yaitu Friska Tri Anggraeni, Titin Komariah dan Yana Fauziyah atas kontribusi mereka dalam mendukung proses pembelajaran khususnya mata pelajaran keagamaan. 

"Kerjasama ini sangat strategis bagi kedua belah pihak. Bagi kami, kehadiran mahasiswa PPL dari STIT Pringsewu memberikan dampak positif, terutama dalam memperkuat pembelajaran di bidang studi keagamaan. Di sisi lain, mahasiswa mendapatkan pengalaman praktis yang bermanfaat untuk masa depan mereka sebagai calon pendidik. Kami berharap kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut di masa depan, dan apa yang dipelajari di sini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam karier mereka,” ucapnya.

Perwakilan mahasiswa PPL, Friska Tri Anggraeni menyampaikan apresiasi atas kesempatan yang diberikan. "Kami merasa bersyukur bisa menjalani PPL di UPT SDN 3 Fajaresuk. Selain meningkatkan kemampuan mengajar, kami juga belajar berinteraksi dengan siswa dan mempraktikkan langsung ilmu yang kami dapatkan di perkuliahan, terlebih rasa kekeluargaan yang erat sudah terjalin selama ini" ucap mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam ini sambil meneteskan air mata saat mewakili mahasiswa sambutan perpisahan.

Kerjasama antara STIT Pringsewu dan UPT SDN 3 Fajaresuk melalui program PPL ini diharapkan dapat terus berlanjut dan semakin berkembang, sehingga memberikan manfaat bagi kedua institusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang agama. Acara penarikan mahasiswa PPL diakhiri dengan foto bersama dan pemberian kenang-kenangan dari kampus kepada pihak UPT SDN 3 Fajaresuk sebagai simbol rasa terima kasih atas bimbingan dan pengalaman yang telah diberikan. 









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos