Taati Aturan, Besok Operasi Zebra Krakatau 2024 se Lampung Dimulai

img
Ilustrasi pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau di Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung bersama jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di 15 Polres dan Polresta akan menggelar Operasi Zebra Krakatau 2024 yang dimulai pada 14-27 Oktober.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik mengatakan, pihaknya berharap seluruh personel yang terlibat Operasi Zebra Krakatau 2024 mengedepankan sikap humanis.

"Kami akan mengedepankan pendekatan edukatif dan humanis dalam penegakan hukum di lapangan," kata Kombes Umi Fadillah Astutik dalam keterangannya, Minggu (13-10-2024).

Ada pun penindakan prioritas pelanggaran dalam Operasi Zebra Krakatau 2024 kali ini, menyasar pada pengendara yang menggunakan Ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, dan berkendara melebihi batas kecepatan.

Kemudian pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI dan sabuk keselamatan atau safety belt, dan berkendara dalam pengaruh konsumsi alkohol.

Lalu pengendara yang melawan arus lalu lintas, kendaraan melebihi muatan atau overload dan over dimensi (ODOL), dan kendaraan yang parkir di bahu jalan tol.

Kabid Humas Polda Lampung menghimbau masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas, selalu menggunakan helm, serta sabuk pengaman, sebab keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab bersama.

"Kami minta masyarakat ikut berperan aktif dan melaporkan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di lingkungan sekitar. Dengan kerjasama semua pihak, kami yakin angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat ditekan," ujar Kombes Umi Fadillah Astutik.

Sementara itu, Satlantas Polresta Bandar Lampung melaksanakan Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Zebra Krakatau 2024 di Aula Mapolresta Bandar Lampung pada Sabtu (12-10).

Kegiatan ini merupakan persiapan sebelum Operasi Zebra yang bertujuan meningkatkan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, serta mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

"Latpra Ops ini bertujuan memberikan pembekalan kepada seluruh personel, sekaligus menyamakan persepsi agar pelaksanaan operasi di lapangan berjalan lebih terarah dan profesional," jelas Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Abdul Waras.

Fokus utama Operasi Zebra Krakatau 2024, adalah menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dengan pendekatan edukatif, persuasif, serta humanis, diimbangi penegakan hukum untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos