Karya Mahasiswa Darmajaya Mejeng di Ajang Desain Bergengsi Nasional

img
Mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

MOMENTUM, Bandarlampung--Karya mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mejeng dalam Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia (KMDGI) 15 di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta 8 – 10 Oktober 2024.

Prodi DKV IIB Darmajaya mengirimkan delegasi dalam KMDGI 15 di ISI Yogyakarta yakni Ahmad Farhan, M.Iqbal PJ, Sarafina Ananda, Nur Jihan, Ni Nyoman Widya, Erin Karina, Laudy Shanen, Devan Izza, Achmad Kesya, dan Rafael Corby. Sepuluh mahasiswa tersebut didampingi seorang penanggung jawab Hana Rwinzi.

Adapun setiap delegasi yang mengikuti KMDGI 15 di ISI Yogyakarta menampilkan karya dalam pameran di venue utama. Karya yang ditampilkan tersebut milik Achmad Keysa dengan khas daerah Lampung yakni rumah dengan corak tapis dan gedung IIB Darmajaya.

Hana Rwinzi mengatakan bersama rekan-rekan lainnya menghadiri KMDGI 15 di ISI Yogyakarta. “Prodi DKV IIB Darmajaya menempatkan satu karya milik Achmad Keysa yang dipajang di KMDGI 15,” ungkap dia pada Selasa, (8-10-2024).

Masih kata dia, setiap delegasi juga memiliki tenant booth dalam KMDGI 15. “Betul (pertama kali hadir),” ucapnya.

Hana menerangkan bahwa kehadiran bersama rekan-rekannya untuk menambah pengetahuan terkait DKV. “Acara ini merupakan tempat berkumpulnya DKV se-Indonesia jadi pastinya banyak yang bisa kita ambil dari KMDGI ini. Secara pengetahuan pasti dapat banget untuk sharing-sharing sama teman-teman DKV disini, baik itu pengetahuan seputar DKV ataupun ilmu lainnya,” bebernya.

Menurut dia, rekan-rekan dari perguruan tinggi lainnya juga berbagi dalam pembuatan karya. Bersama teman-temannya, Hana juga senang karya yang dipamerkan bukan untuk bersaing dan menjatuhkan satu dengan lainnya.

“Mereka lebih mengenalkan karyanya dengan cara unik dan merangkul sesama teman-teman DKV,” imbuhnya.

Mahasiswa semester VII ini juga menuturkan bahwa kehadirannya di KMDGI 15 bertujuan untuk menambah relasi antar kampus satu dengan lainnya. “KMDGI ini diadakan dua tahun sekali sangat amat disayangkan kalau dilewatkan. Dan siapa tahu beberapa tahun kedepannya DKV Darmajaya bisa jadi tuan rumah acara bergengsi ini,” tuturnya.

Sementara, Ketua Prodi DKV IIB Darmajaya Abdi Darmawan, S.T., M.T.I., sangat bangga atas keikutsertaan mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) IIB Darmajaya dalam Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia (KMDGI) 15 yang diselenggarakan di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. “Kampus dan Prodi sangat mensupport mahasiswa dalam menghadiri kegiatan tersebut. Partisipasi ini tidak hanya menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa kami untuk menampilkan karya terbaik mereka, tetapi juga untuk memperluas wawasan, memperdalam pengetahuan, dan membangun jaringan dengan mahasiswa DKV dari seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Karya yang ditampilkan oleh Achmad Keysa, dengan ciri khas budaya Lampung, adalah contoh nyata dari kreativitas dan dedikasi mahasiswa kami dalam mengangkat kearifan lokal melalui desain. “Ini sekaligus memperlihatkan kemampuan mereka untuk menggabungkan nilai budaya dengan teknik desain modern. Kami berharap kehadiran mahasiswa dalam ajang bergengsi ini dapat memberikan inspirasi baru, baik dalam hal akademis maupun profesional. Semoga pengalaman ini juga dapat memotivasi mereka untuk terus berkarya dan berkontribusi lebih banyak lagi, baik untuk diri mereka sendiri maupun untuk perkembangan Prodi DKV IIB Darmajaya di masa depan. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos