Akuntansi Syariah FEBI UIN RIL Jalani Asesmen Lapangan LAMEMBA

img
Asesmen Lapangan (AL) oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA) di kampus UIN RIL.

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung menjalani Asesmen Lapangan (AL) oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA), selama dua hari pada 14-15 Oktober 2024. 

AL Prodi Akuntansi Syariah ini menjadi langkah penting dalam reakreditasi prodi, berikut juga sedang direncanakan dalam waktu dekat Prodi Manajemen Bisnis Syariah untuk menjalani hal serupa. Harapannya adalah dapat menyusul capaian dua prodi FEBI lainnya, yakni Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah, yang telah meraih akreditasi Unggul. 

Rektor UIN RIL, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD menyambut baik asesmen ini. Hal tersebut disampaikan dalam sambutan pada saat acara pembukaan di Ruang Teater Lt.2, Senin (14/10). Ia berharap proses ini memberikan hasil maksimal dan memperkuat posisi UIN RIL dengan bertambahnya prodi yang terakreditasi unggul.

Dua asesor dari LAMEMBA yang hadir dalam AL ini adalah Suryo Santoso SE MSA PhD (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) dan Dr Slamet Haryono SE MSi Ak CA (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

“Kita berharap kritik dan masukan dari tim asesor bisa menjadi pijakan untuk melangkah lebih pasti, memperkuat kapasitas dan mutu FEBI, serta mewujudkan UIN RIL sebagai kampus unggul dan mendunia,” ujar Rektor.

FEBI UIN RIL, di bawah kepemimpinan Prof Dr Tulus Suryanto MM Akt CA, dikenal sebagai fakultas unggulan dengan visi internasionalisasi. Hal ini terlihat dari berbagai program seperti visiting lecturer, benchmarking internasional, international student mobility, dan short course kewirausahaan yang diikuti dosen dan mahasiswa. 

“Internasionalisasi menjadi pijakan penting bagi UIN RIL untuk menjadi rujukan internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif dan berwawasan lingkungan pada tahun 2035,” tambah Rektor.

Rektor berharap, melalui peningkatan akreditasi ini, UIN RIL semakin mengukuhkan diri sebagai kampus dengan misi dakwah rahmatan lil ‘alamin yang toleran dan berwawasan lingkungan. 

“Semoga dengan bertambahnya prodi terakreditasi unggul, UIN RIL semakin kokoh sebagai kampus yang tumbuh dan mendunia,” tutupnya.

Acara ini turut dihadiri oleh pimpinan UIN RIL, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, serta berbagai mitra dan pemangku kepentingan, termasuk Dr Reza Ronaldo MM APAI CIIB ANZIIF (Senior Association), CIP, CRGP (Asuransi Syariah Jasindo), Umi Khulsum (Konsultan Pajak), Khoerul Wajid (BSI Area Manager Lampung), Yogi Ahmad Fajar (Dompet Dhuafa), Dr Ghozali Timbaz.

“Alhamdulillah, kita bersyukur Prodi Akuntansi Syariah sampai di tahap akhir reakreditasi ini. Tim borang telah bekerja keras selama kurang lebih enam bulan dan kami berharap hasilnya nanti sesuai harapan, dengan raihan Unggul,” ujar Prof Tulus Suryanto.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos