LP2M UIN RIL Gelar Bimtek Coaching Clinic Penulisan Paper Berstandar Scopus

img
Pusat HKI, Paten, dan Publikasi Ilmiah Gelar Bimtek Coaching Clinic Penulisan Paper Berstandar Scopus.

MOMENTUM, Bandar Lampung--Pusat HKI, Paten, dan Publikasi Ilmiah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Coaching Clinic penulisan paper berstandar Scopus bagi peneliti pemula dan tingkat lanjut. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Academic & Research Center Lt. 1, selama dua hari, 17-18 Oktober 2024.  

Wakil Rektor II Dr Safari Daud MSosI, dalam sambutannya menekankan pentingnya peningkatan publikasi ilmiah untuk mendukung pertumbuhan jumlah guru besar di UIN Raden Intan. 

“Semakin banyak penelitian dan publikasi berkualitas, semakin besar peluang kita meningkatkan jumlah guru besar. Ini langkah strategis untuk memperkuat reputasi akademik kampus,” ungkap Dr Safari.  

Ia juga mendorong dosen dan peneliti untuk terus berinovasi dan berkolaborasi. “Publikasi jurnal tidak sekadar memenuhi kewajiban, tapi harus menjadi bagian dari budaya akademik. Dengan adanya kegiatan seperti ini, kita harapkan dosen bisa lebih produktif dalam menulis di jurnal Scopus dan terakreditasi nasional,” tambahnya.  

Ketua LP2M, Prof Dr H A Kumedi Ja'far MH, menjelaskan, kegiatan ini adalah bentuk komitmen LP2M dalam mendampingi peneliti di lingkungan UIN Raden Intan. 

“Bimtek ini merupakan wadah bagi peneliti pemula maupun tingkat lanjut untuk mengembangkan keterampilan menulis yang berstandar internasional,” katanya.  

Kegiatan ini menghadirkan sekitar 80 peserta, masing-masing terbagi menjadi 40 peserta untuk peneliti pemula dan peneliti tingkat lanjut. Setiap kelompok diarahkan untuk memenuhi target publikasi berbeda. Peneliti tingkat lanjut diharapkan dapat menulis di jurnal Scopus dan Sinta 2, sedangkan peneliti pemula diarahkan ke jurnal terakreditasi nasional atau bahkan bisa ke Scopus.  

Dua narasumber ahli dihadirkan dari UIN Ar-Raniry Aceh yaitu Dr Anton Widyanto, Editor-in-Chief Jurnal Ilmiah Islam Futura (JIIF) Scopus Q1, dan Prof Dr Mursyid Djawas MHI, Editor-in-Chief Samarah: Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam (Scopus Q1), berbagi wawasan dan pengalaman tentang strategi publikasi di jurnal internasional.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos