UIN RIL Kembali Terima Penghargaan Pengelolaan Lingkungan

img
UIN RIL berhasil mempertahankan Certificate of Compliance dari UI GreenMetric World University Rankings, dengan nilai 4 pohon (UI Green Metric Trees Rating) berdasarkan kinerja program keberlanjutan yang memenuhi enam kriteria utama./ist

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) kembali mendapatkan penghargaan terkait pengelolaan lingkungan untuk kampus berkelanjutan. 

Tahun ini, UIN RIL berhasil mempertahankan Certificate of Compliance dari UI GreenMetric World University Rankings, dengan nilai 4 pohon (UI Green Metric Trees Rating) berdasarkan kinerja program keberlanjutan yang memenuhi enam kriteria utama. Terdiri dari pengaturan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi, serta edukasi dan riset.

Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Wakil Ketua UI GreenMetric, Nyoman Suwartha, kepada Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, melalui platform Zoom pada Selasa (22-10-2024).

Rektor mengucapkan terima kasih kepada Ketua UI GreenMetric, Prof. Riri, dan Wakil Ketua UI GreenMetric, Nyoman Suwartha, serta seluruh tim yang telah memberikan anugerah ini. “Capaian empat pohon dari lima pohon ini tentu menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan program-program keberlanjutan di kampus. Semoga berkah dan menjadi amal kebaikan bagi kita semua," ujarnya.

Dalam sambutannya, Prof Wan juga menekankan pentingnya penilaian untuk perbaikan. “Kualitas yang dimiliki kampus UIN Lampung tidak hanya terjaga, namun juga terus diperbaiki dari dan ditingkatkan waktu ke waktu. Apa yang telah kita lakukan dan capai harus terus kita giatkan dan gelorakan bersama, menjadi bagian dari gerakan kampus berkelanjutan UIN Raden Intan Lampung,” tambahnya.

Wakil Ketua UI GreenMetric, Nyoman Suwartha, mengapresiasi progres yang telah dicapai UIN RIL. "Capaian UIN Raden Intan Lampung semakin baik setiap tahun. Semoga ini bisa menginspirasi perguruan tinggi lain dan bersama-sama bergerak menjadi kampus yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua UI GreenMetric, Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MM MSc, dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi, “Selamat sekali lagi menjadi inspirasi. Kami mendengar dari laporan para reviewer bahwa banyak kemajuan yang telah dicapai oleh Raden Intan Lampung. Semoga setiap tahun ini terus dilakukan karena kita membutuhkan contoh-contoh yang baik,” tambahnya.

Sementara itu, Yulia Lukito dari Tim UI GreenMetric juga mengatakan, hasil yang dicapai ini merupakan upaya dari kerjasama seluruh tim. Dukungan dari pimpinan institusi, katanya, sangat berarti bagi Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) UIN RIL untuk terus melakukan langkah-langkah untuk keberlanjutan kampus.

Sebelum penyerahan sertifikat, Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL), Suci Wulan Pahestri MSi, memaparkan presentasi singkat mengenai pengisian kuesioner 2024 UI GreenMetric oleh tim UIN Raden Intan Lampung.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos