Gempa Lebak Rusak Ratusan Rumah

img
Rumah rusak akibat gempa bumi berkekuatan 6,1 SR di Lebak Banten, Selasa (23/1) siang./rmol

Harianmomentum.com--Gempa 6,1 skala richter dengan titik gempa di Lebak siang tadi mengakibatkan ratusan rumah rusak. Antara lain tersebar di Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Bogor, dan Pandeglang.


"Data sementara ratusan rumah rusak. Di Kabupaten Cianjur sebanyak 6 pelajar luka berat dan 2 pelajar luka ringan akibat tertimba genteng yang runtuh di SMK Tenggeung Kecamatan Tanggeung. Juga terdapat 1 rumah rusak berat di Desa Tanggeung dan 1 rumah rusak berat di Desa Pagermaneuh," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada redaksi, Selasa (23/1).


Di Kabupaten Sukabumi, terdapat 9 rumah rusak ringan, 1 rumah rusak sedang, 1 masjid rusak berat, dan 2 fasilitas umum kesehatan rusak ringan. 


Sementara di Kabupaten Bogor terdapat beberapa rumah dan bangunan rusak di Kecamatan Sukajaya, Kecamata Nanggung, Kecamatan Megamendung, Kecamatan Caringin, dan Kecamatan Cijeruk. Sebanyak 7 rumah rusak berat dan 5 rumah rusak ringan.


"Data akan bertambah karena diperkirakan masih terdapat bangunan yang rusak," kata Sutopo.


Di Pandeglang, Aula SMA CMBBS roboh dan beberapa rumah mengalami kerusakan. Dilaporkan sejauh ini tidak ada korban jiwa. Di Banten terdapat  115 rumah rusak, 1 masjid rusak dan 1 puskesmas rusak. 


"BPBD bersama unsur lainnya masih melakukan pendataan dampak kerusakan akibat gempa 6,1 SR. Dampak kerusakan akan bertambah seiring dengan pendataan yang dilakukan," demikian kata Sutopo.(rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos